skip to main content

Perancangan Aplikasi Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Jenis Hewan Berdasarkan Makanannya Menggunakan Augmented Reality

*Latipatul Hilmi  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Agung Budi Prasetijo orcid scopus  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Rinta Kridalukmana orcid scopus  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Akses Terbuka Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Sari

Seiring pesatnya perkembangan teknologi semakin berkembang juga media pembelajaran yang digunakan sebagai metode pembelajaran dalam dunia Pendidikan. Salah satunya untuk pembelajaran hewan berdasarkan jenis makanannya, yang terbagi menjadi 3 yakni Herbivora, Karnivora dan Omnivora. Jenis hewan herbivora adalah jenis hewan yang memakan makanan yang berasal daritumbuh-tumbuhan. Jenis hewan karnivora dikenal sebagai hewan  pemakan daging yang tergolong hewan liar. Sedangkan jenis hewan omnivora adalah jenis hewan yang memakan makanan yang berasal dari tumbuhan dan daging atau pemakan segala.

Pembelajaran jenis hewan berdasarkan makanannya menggunakan Augmented Reality merupakan suatu metode untuk menampilkan objek 3D dimensi. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Unity 3D dan EasyAR, aplikasi ini akan mendeteksi target image yang ada dan akan menampilkan 3d Object serta suara dari hewan.

Diharapkan dengan adanya aplikasi multimedia pembelajaran mengenai jenis hewan berdasarkan makanannya menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Putu Wirayudi Aditama , I Nyoman Widhi Adnyana , Kadek Ayu Ariningsih “Augmented Reality Dalam Multimedia Pembelajaran ” Vol 2 Februari 2019
  2. Feby Zulham Adami dan Cahyani Budihartanti “Pengembangan Teknologi Augmented Reality pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android”
  3. Eliyana Zid Naily Syifa1 dan Mustagfirin “Augmented Reality sebagai Media Edukasi Berdasarkan Jenis Makanannya” Vol. 12 no. 1 November 2022 hal. 279-285
  4. Maghfira Rizky Syafrilia “Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Sesuai Jenis Pangan Berbasis Augmented Reality”
  5. Mina Ismu Rahayu , Ilham Doni Waluya, Faiqunisa “Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran Perkenalan Hewan Purbakala Dinosaurus” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 11 No. 1, Juni 2022
  6. Dias Alifa Putri dan Budi Arifitama “Penerapam Augmented Reality Untuk Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan”

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.