BibTex Citation Data :
@article{JTK36847, author = {Ferry Landani dan R. Rizal Isnanto dan Agung Budi Prasetijo}, title = {Perencanaan User Interface dan User Experience aplikasi Charity With Happiness (CWH) dengan metode design thinking}, journal = {Jurnal Teknik Komputer}, volume = {1}, number = {3}, year = {2022}, keywords = {CWH; antarmuka pengguna; pengalaman pengguna; Design Thinking; UEQ}, abstract = { Charity With Happiness (CWH) merupakan komunitas sosial yang bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan sosial, khususnya di kalangan anak-anak kurang mampu di wilayah Semarang. Komunitas ini memiliki kendala dalam penyebaran informasi. Perlu dilakukan penelitian tentang UI/UX yang baik agar menjadi pusat informasi kegiatan sosial, media bagi para relawan, dan memberikan solusi donasi online kepada calon donatur. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking. Tahapan tersebut adalah empati, pendefinisian masalah, pengumpulan ide, pembuatan prototipe, dan pengujian. Data pengalaman pengguna dikumpulkan dengan pertanyaan wawancara dengan anggota komunitas CWH. Pada tahap akhir dilakukan pengujian pengguna yang dituangkan dalam bentuk kuesioner dan dianalisis menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa prototipe ini lebih menarik perhatian masyarakat umum dibandingkan mahasiswa. Mahasiswa menganggap prototipe ini monoton, konvensional, lazim, dan konservatif, dan lebih suka menggunakan aplikasi di mana UI/UX lebih inovatif. Sementara itu, responden umum lebih menyukai desain UI yang familiar dan tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi. Berdasarkan pengalaman pengguna yang dikumpulkan melalui kuesioner daring yang dilakukan oleh 50 orang responden, didapatkan hasil yakni dua persona, mahasiswa dan umum. Skor UEQ rata-rata keseluruhan masyarakat umum adalah (1,95) angka ini lebih besar dari skor UEQ pada mahasiswa sebesar (1,89). Dari hasil tersebut juga diketahui masyarakat umum dan mahasiswa relatif serupa dalam menyukai purwarupa aplikasi CWH. }, issn = {2986-8025}, pages = {112--119} doi = {10.14710/jtk.v1i3.36847}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtk/article/view/36847} }
Refworks Citation Data :
Charity With Happiness (CWH) merupakan komunitas sosial yang bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan sosial, khususnya di kalangan anak-anak kurang mampu di wilayah Semarang. Komunitas ini memiliki kendala dalam penyebaran informasi. Perlu dilakukan penelitian tentang UI/UX yang baik agar menjadi pusat informasi kegiatan sosial, media bagi para relawan, dan memberikan solusi donasi online kepada calon donatur.
Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking. Tahapan tersebut adalah empati, pendefinisian masalah, pengumpulan ide, pembuatan prototipe, dan pengujian. Data pengalaman pengguna dikumpulkan dengan pertanyaan wawancara dengan anggota komunitas CWH. Pada tahap akhir dilakukan pengujian pengguna yang dituangkan dalam bentuk kuesioner dan dianalisis menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa prototipe ini lebih menarik perhatian masyarakat umum dibandingkan mahasiswa. Mahasiswa menganggap prototipe ini monoton, konvensional, lazim, dan konservatif, dan lebih suka menggunakan aplikasi di mana UI/UX lebih inovatif. Sementara itu, responden umum lebih menyukai desain UI yang familiar dan tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi.
Berdasarkan pengalaman pengguna yang dikumpulkan melalui kuesioner daring yang dilakukan oleh 50 orang responden, didapatkan hasil yakni dua persona, mahasiswa dan umum. Skor UEQ rata-rata keseluruhan masyarakat umum adalah (1,95) angka ini lebih besar dari skor UEQ pada mahasiswa sebesar (1,89). Dari hasil tersebut juga diketahui masyarakat umum dan mahasiswa relatif serupa dalam menyukai purwarupa aplikasi CWH.
Article Metrics:
Last update: