Inovasi Pelayanan Publik melalui Aplikasi “RAGEM” (Religius, Adaptable, Great, Educate, Modern) di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang

Iin Khoirunnisa, Tri Yuningsih, Titik Djumiarti
DOI: 10.14710/jppmr.v13i1.42443

Abstract

Inovasi pelayanan publik merupakan suatu terobosan pembaharuan yang dibutuhkan pemerintah dan masyarakat dalam jangka waktu panjang. Oleh demikian, diciptakannya aplikasi “RAGEM” merupakan aplikasi online yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang yang dibentuk sebagai media untuk kebutuhan masyarakat dalam mengakses informasi publik dan sebagai media dalam menampung laporan pengaduan publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pelaksanaan inovasi pelayanan publik melalui aplikasi “RAGEM” yang mengacu pada karakteristik inovasi dan mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendorong Inovasi Pelayanan Publik melalui Aplikasi “RAGEM”. Pelaksanaan inovasi pelayanan publik melalui aplikasi “RAGEM” dilihat dari fenomena yang mengacu pada karakteristik inovasi pelayanan menurut Everett M. Rogers yaitu keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemudahan diamati, dan kemungkinan dicoba. Sedangkan dalam melihat faktor penghambat dan faktor pendorong dilihat dari faktor organisasi, faktor budaya, dan faktor manusia menurut Fontana. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada tahun 2023 terdapat penurunan tingkat penyelesaian pelaporan dibandingkan tahun sebelumnya semua laporan dapat terselesaikan. Kendala dalam pelaksanaannya yaitu belum terlaksana secara optimal dan memiliki beberapa masalah mulai dari sumber daya manusia, kecepatan, infrastruktur listrik yang kurang memadai, respon aplikasi hingga kualitas dari aplikasinya sendiri. Namun begitu, secara umum aplikasi “RAGEM” memberikan nilai lebih, manfaat, dan kepuasan bagi pemerintah dan masyarakat Kota Serang. Demi menjaga kinerja “RAGEM” sebagai suatu aplikasi, disarankan pihak pengelola untuk melakukan pemeliharaan rutin pada aplikasi “RAGEM” dan perlunya sosialisasi yang merata ke masayarakat agar “RAGEM” lebih dikenal.

Full Text: PDF

Keywords

Inovasi Pelayanan Publik, Aplikasi “RAGEM”, Pengaduan Publik