skip to main content

Implementasi Program Inovasi Pendaftaran Online Pasien Puskesmas PUSTAKA (Puskesmas Tanpa Antrian Kota Semarang) Tahun 2019

*Irbah Muthianing Hardanti  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia
Fitriyah - -  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Terkait dengan tingginya jumlah kunjungan sarana pelayanan kesehatan di Kota Semarang. Munculnya program inovasi PUSTAKA ini dilatarbelakangi karena selama ini sistem pendaftaran pasien puskesmas masih dilakukan secara manual. Pasien masih harus mengantri lama di loket pendafataran dengan membawa kartu periksa dan KTP. Petugas puskesmaspun masih harus menginput data pasien saat itu juga dimana itu memakan waktu yang cukup lama. Selama ini banyak pasien yang mengeluh karena lamanya antrian di loket pendaftaran puskesmas. Dinas Kesehatan Kota Semarang terus berupaya dalam meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kesehatan di Kota Semarang terutama di puskesmas. Dinas Kesehatan Kota Semarang meluncurkan inovasi pelayanan terbaru bernama PUSTAKA (Puskesmas Tanpa Antrian Kota Semarang) pada 12 November 2018 yang bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54 di Balaikota Semarang. Pelayanan PUSTAKA merupakan salah satu sarana pendaftaran pasien non gawat darurat di Puskesmas melalui SMS maupun Whatsapp (WA). 1 Salah satu pelayanan inovasi ini dilakukan untuk mengurangi antrian yang menumpuk dan mempercepat pelayanan yang ada di puskesmas. PUSTAKA diterapkan di 37 puskesmas yang ada di Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana strategi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang dalam melaksanan program Inovasi PUSTAKA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kota Semarang. Instansi terkait penelitian ini adalah Dinas Kesehatan Kota Semarang. Subyek penelitian ini yaitu purposive sampling. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, studi Pustaka, studi Pustaka. Model yang digunakan untuk menaganalisis data kualitatif dalam penelitian ini yaitu, pengumpulan data, Reduksi Data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dinas Kesehatan Kota Semarang mencipakan program bernama PUSTAKA. Program ini beruba aplikasi dan website dimana pasien tidak perlu datang langsung puskesmas, melaikan bisa daftar kapan saja dan tidak perlu mengantri karena sudah diberikan langsung nomor antri dan estimasi waktu kedatangan. Adanya PUSTAKA memudahkan masyarakat dalam memperoleh fasilitas pelayanan kesehatan di puskesmas. Namun di sisi lain, karena kurangnya tenaga di puskesmas, masih banyak kendala terkait administrasi dan pelaporan kepada bidang pelayanan kesehatan Dinas Kesehatan Kota Semarang. Disamping itu tidak adanya SK membuat bidang Pelayanan Kesehatan kesulitan dalam meberikan aturan dan SOP terhadap pelaksanaan program. Selain itu dari pihak masyarakat juga masih banyak yang belum paham terhadap program PUSTAKA sehingga masih ada beberapa masyarakat yang mendaftar langsung ke puskesmas
Fulltext View|Download
Keywords: Puskesmas Tanpa Antrian Kota Semarang (PUSTAKA), Puskesmas, Layanan Antrian Berbasis Elektronik

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.