ANALISIS STRATEGI MARKETING POLITIK PASANGAN CALON BUPATI-WAKIL BUPATI dalam PILKADA KABUPATEN BREBES TAHUN 2017

Gita Dewi Maharani, Yuwanto .

Abstract


Idza-Narjo adalah petahana dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Brebes 2017 melawan Suswono-
Mustaqin. Dimensi pull marketing mendeskripsikan bahwa ke-dua pasang calon Bupati dan Wakil
Bupati tersebut memiliki kecenderungan yang sama dalam penggunaan media, dari media
konvensional hingga “konser” yang langsung kepada masyarakat. Lain di dimensi push marketing
mendeskripsikan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari “produk” yang dijual. Idza-Narjo adalah
petahana dengan janji akan menuntaskan pekerjaan yang belum terselesaikan. Suswono-Mustaqin
hadir dengan janji memperbaiki pemerintahan yang ada. Dimensi pass marketing mendeskripsikan
bahwa perbedaan pendekatan calon-calon tersebut terhadap stakeholder tidak terlalu signifikan secara
umum namun petahana Idza-Narjo lebih masif juga menyeluruh. Tiga dimensi tersebut adalah bentuk
dari analisis dari hasil kemenangan Idza-Narjo dan kekalahan Suswono-Mustaqin. Preferensi
masyarakat terhadap calon yang akan dipilih secara garis besar terbentuk atas dari pemikiran dari tiga
dimensi tersebut.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.