PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN WISATA DIGITAL di DESA KANDRI KOTA SEMARANG TAHUN 2017-2019

Published: 27 Sep 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Pemberdayaan masyarakat adalah suatu bentuk upaya yang di lakukan untuk mendayagunakan secara
optimal masyarakat melalui suatu kegiatan atau aktivitas yang dapat berdampak pada kehidupan sosial,
ekonomi maupun budaya. Salah satu pemberdayaan masyarakat adalah dengan peningkatan ekonomi
masyarakat berbasis pariwisata, yang dimaksudkan disini adalah terkait dengan Pemberdayaan masyarakat
dalam pembangunan wisata digital. Salah satu daerah yang menerapkan sistem ini adalah Masyarakat
Kampung Talun Kacang RT. 03 RW.05, Desa Kandri Kota Semarang.
Metode Penelitian yang penulis gunakan adalah Kualitatif deskiptif dengan teknik pengumpulan data berupa
Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Dasar peneliti menggunakan pendekatan kualitatif adalah peneliti
ingin mengetahui secara mendalam tentang Proses dan strategi Pemberdayaan Masyarakat Dalam
Pembangunan Wisata Digital di Kampung Wisata Talun Kacang, Desa Kandri, Kota Semarang.
Sosialisasi yang dilakukan oleh POKDARWIS Sukomakmur pemberdayaan masyarakat dalam
pembangunan wisata digital ini, masyarakat mendapatkan pelatihan fotografi yang dilakukan oleh
POKDARWIS Sukomakmur yang dapat dijadikan suatu pekerjaan bagi masyarakat untuk di setiap spot foto.
Masyarakat menjadi pengelola disetiap spot foto dan pengelola parkir di setiap spot foto. Dalam segi sosial
setelah adanya pemberdayaan dalam pembangunan wisata digital ini masyarakat menjadi berantusias,
bersemangat lagi untuk mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh POKDARWIS Sukomakmur. Selain
sosialisasi dalam hal pembuatan wisata digital kepada masyarakat kampung talun kacang juga diberikan
sosialisasi mengambil peluang dari kedatangan wisatawan untuk masyarakat membuka usaha.

Article Metrics: