PENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK RSUP DR. KARIADI SEMARANG YANG AKUNTABEL DAN ANTI KORUPSI DALAM MEMPERTAHANKAN ZONA INTEGRITAS WILAYAH BEBAS KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI

Aldila Purnamasari, Kushandajani .

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis upaya RSUP Dr. Kariadi dalam meningkatkan pelayanan publik
dan meningkatkan akuntabilitas dalam mempertahankan predikat Zona Integritas WBK dan WBBM
yang diperoleh dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi secara
berturut-turut pada tahun 2014 dan tahun 2015.
Penelitian ini menggunakan metode mixed method, yaitu gabungan antara metode penelitian
kualitatif dan metode penelitian kuantitatif. Varian yang dipilih oleh peneliti adalah sequential, di
mana menggunakan metode kualitatif dengan bobot yang lebih tinggi daripada metode kuantitatif.
Data kualitatif diperoleh melalui wawancara dan data kuantitatif diperoleh melalui kuesioner.
Keabsahan penelitian ini dilakukan melalui triangulasi sumber dengan membandingkan data
kualitatif dengan data kuantitatif.
Berdasarkan hasil dari penelitian, pelayanan kesehatan di RSUP Dr. Kariadi tahun 2018
mendapatkan nilai “sangat baik” dengan rata-rata persentase kepuasan sebesar 89,27%. Hal itu
ditunjang oleh penguatan pelayanan publik melalui peningkatan kompetensi sumber daya manusia;
pelayanan pengaduan masyarakat; media informasi yang lengkap dan jelas; dan jaminan fasilitas
layanan kesehatan. Kemudian juga ditunjang oleh penguatan akuntabilitas melalui peningkatan
transpatansi; pemberian penghargaan dan hukuman bagi pegawai; penetapan tanggung jawab kinerja
pegawai. Semua itu dapat membuktikan bahwa predikat Zona Integritas WBK dan WBBM yang
didapatkan oleh RSUP Dr. Kariadi tidak hanya sekadar predikat belaka.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.