ANALISIS STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA CEMPAKA KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL

Dibyo Prastiyo, Budi Setiyono

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi strategi pemberdayaan yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Cempaka dalam mengembangkan potensi wilayahnya menjadi sebuah desa wisata. Pemberdayaan yang dilakukan merupakan upaya masyarakat dalam mencapai kesejahteraan di daerahnya sendiri.


Tipe penelitian yang dijalankan adalah analisis depkriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini merupakan hasil dari wawancara dengan narasumber serta mengumpulkan dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah puposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan alam penelitian ini ialah dengan wawancara, telaah dokumen dan observasi.


Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, pemerintah desa Cempaka melakukan pemberdayaan yang bermanfaat bagi masyarakatnya. Pendapatan ekonomi dan lapangan pekerjaan yang meningkat merupakan hasil yang didapat dari pemberdayaan ini. Terdapat delapan strategi yang dilakukan oleh desa Cempaka dalam mengembangkan desanya, dimulai dari membangun kesadaran, pemetaan potensi, studi banding, pelatihan mandiri, pemberdayaan dari luar, pembangunan infrastruktur, pengemasan wisata, pemasaran serta peran media cetak dan elektronik. Keberhasilan ini didukung oleh aktor dan perannya yang menjadi kunci sukses pemberdayaan masyarakat yang ada di desa Cempaka. Perkembangan desa akan lebih pesat dengan dukungan pemerintah daerah baik dalam bentuk pelatihan dan sosialisasi yang masif, infrastuktur maupun dalam bentuk anggaran.


Kata kunci: pemberdayaan masyarakat, desa wisata, strategi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.