Konco Ombudsman : Jejaring Informal Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Tengah dengan Media dan Masyarakat dalam Pengawasan Pelayaan Publik

Rindra Herlambang, Muhammad Adnan

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji dan menganalis bagaimana networking antara Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Tengah dengan konco Ombudsman dan mengetahui peran konco Ombudsman dalam pengawasan pelayanan publik. Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Tengah membentuk networking dengan konco Ombudsman untuk lebih mengenalkan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Tengah kepada masyarakat dan sarana sharing informasi mengenai pelayanan publik di Jawa Tengah sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pelayanan publik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan metode triangulasi dengan cara membandingkan hasil wawancara, hasil pengamatan dan telaah dokumen.


Hasil penelitian tersebut adalah yang pertama berkaitan dengan desain network yang digunakan dalam jejaring konco Ombudsman ini, dimana jejaring ini menggunakan desain information diffusion network yaitu suatu desain jejaring dengan tujuan sharing informasi diantara lembaga pemerintah mengenai suatu hal atau permasalahan. Selain itu, peran dari konco Ombudsman dalam pengawasan pelayanan pulik di jejaring ini yaitu melakukan pengawasan eksternal terhadap pelayanan publik di Jawa Tengah, memberikan masukan serta saran terkait perbaikan pelayanan publik dari kepada Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Tengah serta berbagi informasi mengenai dugaan maladministrasi pelayanan publik di daerah.


Kata Kunci : Jejaring, Ombudsman Republik Indonesia, Pelayanan Publik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.