ANALISIS NETWORK ANTAR AKTOR SEMARANG TOURISM BOARD DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA KOTA SEMARANG
Published: .

Abstract
Pola-pola lama pemerintah yang selalu menempatkan diri sebagai badan yang paling dominan dan hierarkis serta menjadikan masyarakat dan swasta sebagai pihak kedua dibawah pemerintah, sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman. Dimana dengan semakin berkembangnya zaman maka kompleksitas permasalahan dalam pembangunan dan pelayanan publik juga semakin meningkat, sehingga perlu adanya suatu upaya penyelenggaraan pemerintah yang tertuang dalam good governance, dimana didalamnya harus terdapat kesejajaran hubungan antara institusi negara, pasar, dan masyarakat. Disinilah peran dari manajemen network yang mengatur hubungan antar aktor/stakeholder dalam rangka mengelola kepentingan bersama dalam pencapaian good governance ini.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimanakah hubungan kerjasama/network antar aktor (pemerintah kota, pelaku usaha pariwisata, dan organisasi pariwisata) di dalam Semarang Tourism Board dalam mempromosikan Kota Semarang sebagai kota tujuan wisata serta untuk mengetahui kendala/hambatan apasaja yang terjadi dalam menjalin network antar aktor Semarang Tourism Board. Penelitian dilakukan melalui metode analisa kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Dengan sumber data utama yang diperoleh dari hasil wawancara yang mendalam dengan aktor yang terlibat dalam network Semarang Tourism Board.Dari hasil penelitian, Semarang Tourism Board adalah suatu langkah awal pemerintah Kota Semarang yang sangat inisiatif dan inovatif untuk mengatasi permasalahan pariwisata yang semakin kompleks. Namun tindakan yang inovatif dan inisiatif ini pada akhirnya menjadi kurang efektif dalam pelaksanaan pencapaian tujuan utama network karena tidak diimbangi dengan adanya pengaturan organisasi atau manajemen internal organisasi yang tersistem dan terstruktur secara jelas dan rinci sehingga berbagai kendala muncul dan menghambat network untuk mencapai tujuannya.Kata Kunci : Good Governance, Manajemen Network, Semarang Tourism Board, Promosi Pariwisata
Article Metrics:
Article Info
Section: Articles
Related articles
Dampak Pengoperasian Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang Koridor VI Terhadap Pelaku Usaha Angkutan Umum di Kota Semarang
PERAN LSM PATTIRO SEMARANG MENDORONG DINAS PENDIDIKAN KOTA SEMARANG UNTUK MEWUJUDKAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
Persepsi pengaruh money politic dan Jaringan sosial terhadap Perilaku pemilih pada Persepsi pengaruh money politic dan Jaringan sosial terhadap Perilaku pemilih pada Persepsi pengaruh money politic dan Jaringan sosial terhadap Perilaku pemilih pada Persep
PELAKSANAAN PENGAWASAN SATUAN PENGAWASAN KETENAGAKERJAAN WILAYAH SEMARANG TERHADAP TENAGA KERJA ASING DI KABUPATEN SEMARANG
ANALISIS PROGRAM PEMBANGUNAN DESA WISATA WONOLOPO DI KOTA SEMARANG
STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN DALAM MEMOBILISASI PEMILIH PADA PEMILU LEGISLATIF DAERAH KOTA SEMARANG TAHUN 2014