PENGARUH PERBEDAAN PENAMBAHAN KONSENTRASI ZnCl2 DALAM EKSTRAK KASAR PIGMEN KLOROFIL RUMPUT LAUT Sargassum sp. TERHADAP STABILITASNYA

Titin Nurusholah, Widodo Farid Ma'ruf, Ratna Ibrahim

Abstract


Rumput laut Sargassum sp. mengandung pigmen antara lain klorofil a, klorofil b, karoten, fukosantin, dan xantofil. Klorofil bersifat mudah terdegradasi. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mempertahankan stabilitas pigmen klorofil. Berkaitan dengan masalah tersebut, maka perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh perbedaan penambahan konsentrasi ZnCl2 dalam ekstrak kasar pigmen klorofil rumput laut Sargassum sp. terhadap stabilitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama penyimpanan (0, 24, 48, 72, 96, 120, 144, dan 168 jam) ekstrak kasar pigmen klorofil rumput laut Sargassum sp. terhadap stabilitasnya dan mengetahui pengaruh perbedaan penambahan konsentrasi ZnCl2 (0, 25, 50, dan 75 ppm) dalam ekstrak kasar pigmen klorofil rumput laut Sargassum sp. terhadap stabilitasnya. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumput laut Sargassum sp. Variabel yang diamati adalah kandungan klorofil a, klorofil b, dan nilai pH. Penelitian ini dilakukan dengan metode percobaan laboratoris dengan menggunakan pola percobaan split plot in time dengan rancangan dasarnya acak kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan penambahan konsentrasi ZnCl2 selama penyimpanan 7 hari menghasilkan kandungan klorofil a dan b yang paling stabil yaitu pada konsentrasi 25 ppm dengan kandungan klorofil a sebesar 11,74 mg/l pada jam ke-0 dan 9,87 mg/l pada jam ke-168; sedangkan kandungan klorofil b sebesar 11,57 mg/l pada jam ke-0 dan 10,22 mg/l pada jam ke-168. Nilai pH pada penambahan konsentrasi ZnCl2 sebanyak 25 ppm sebesar 5,15 pada jam ke-0 dan 4,46 pada jam ke-168. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa lama penyimpanan dan penambahan perbedaan konsentrasi ZnCl2 dalam ekstrak kasar pigmen klorofil rumput laut Sargassum sp. mempengaruhi stabilitasnya.


Keywords


Sargassum sp., Klorofil, ZnCl2, Stabilitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Jurnal Pengolahan dan Bioteknologi Hsil Perikanan by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jpbhp is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats