PENGARUH PERBEDAAN SUHU PENGUKUSAN (STEAM JACKET) TERHADAP KUALITAS MINYAK DARI LIMBAH USUS IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Agung Jati Nugroho, Ratna Ibrahim, Putut Har Riyadi

Abstract


Proses pengolahan minyak ikan kasar dari limbah usus ikan Nila yang dilakukan pengolah minyak ikan di UKM daerah Jawa Tengah umumnya menggunakan dry renderring method (pemanasan langsung dengan suhu tinggi yaitu 90o C, tanpa penambahan air) dan suhu tidak terkontrol. Produk yang dihasilkan mengandung asam lemak bebas 11,76 %, dan bilangan peroksida 65,92 meq/kg. Nilai tersebut belum memenuhi standar mutu internasional minyak ikan kasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu pengukusan sistim (steam jacket) yang berbeda (80±2o C, 70±2o C, dan 60±2o C) pada pengolahan minyak ikan kasar dengan bahan baku limbah usus ikan Nila (Oreochromis niloticus) terhadap kualitas minyak ikan kasar yang dihasilkan serta untuk mengetahui suhu optimum yang menghasilkan produk yang bermutu baik. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah usus ikan Nila. Proses pengolahan limbah isi perut ikan Nila menggunakan cara pengukusan dengan sistim (steam jacket). Sebagai perlakuannya adalah perbedaan suhu pemasakan yaitu suhu 80±2o C, 70±2o C, dan 60±2o C dan secara dry renderring method dengan suhu 90±2o C sebagai kontrol. Masing-masing perlakuan diulang tiga kali. Sebagai variabel mutu produk yaitu kandungan asam lemak bebas, dan bilangan peroksida. Sedangkan variabel pendukungnya adalah angka iod, kadar air, viskositas, rendemen, dan organoleptik. Penelitian dilakukan dengan metode percobaan laboratoris menggunakan rancangan acak kelompok. Data dianalisis menggunakan ANOVA dan uji beda nyata jujur. Hasil penelitian menunjukkan semakin rendah suhu pengukusan menyebabkan asam lemak bebas, bilangan peroksida, angka iod, dan rendemen semakin menurun, sedangkan kadar air, dan viskositas semakin meningkat. Nilai organoleptik produk tidak berbeda nyata diantara perlakuan pada sistim steam jacket. Suhu pemasakan optimum yaitu pada suhu 80±2o C dengan karakteristik kandungan asam lemak bebas 3,91%, bilangan peroksida 17,51 meq/kg, angka iod 9,13 mg/g, kadar air 0,91%, viskositas 194,11 cp, rendemen 25,3%, dan nilai organoleptik 7,4.


Keywords


Minyak ikan kasar, Steam jacket, Usus ikan Nila, Suhu

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Jurnal Pengolahan dan Bioteknologi Hsil Perikanan by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jpbhp is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats