STABILITAS EKSTRAK KASAR PIGMEN KLOROFIL, BETA KAROTEN, DAN CAULERPIN ALGA HIJAU (Caulerpa racemosa) PADA SUHU PENYIMPANAN YANG BERBEDA

Ahmad Fajar, Ratna Ibrahim, Eko Nurcahya Dewi

Abstract


Caulerpa racemosa termasuk jenis alga hijau yang terdapat di perairan Indonesia. Kandungan senyawa bioaktif dalam rumput laut yang sangat berguna adalah pigmen klorofil dan beta karoten. Caulerpa racemosa mengandung pigmen klorofil a, klorofil b, beta karoten dan caulerpin. Pigmen sangat labil terhadap suhu. Penggunaan suhu 4°C dapat mempertahankan klorofil kacang hijau selama 18 hari, sedangkan pada suhu 20 °C terjadi degradasi klorofil hingga mencapai 50%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyimpanan ekstrak kasar pigmen klorofil, beta karoten, dan caulerpin Caulerpa racemosa pada suhu 0oC, 5 oC, 10 oC dan 30 oC terhadap stabilitasnya serta mengetahui suhu optimum penyimpanan yang dapat menjaga stabiltas ekstrak kasar pigmen klorofil, beta-karoten serta senyawa caulerpin Caulerpa racemosa selama penyimpanan 48 jam. Ekstraksi klorofil menggunakan metode maserasi dengan pelarut yang berbeda. Penelitian dilakukan dengan metode percobaan laboratoris menggunakan pola percobaan split plot in time dengan rancangan dasarnya acak kelompok. Sebagai main plot adalah lama waktu penyimpanan (0 dan 48 jam) dan sebagai sub plot adalah suhu penyimpanan (0oC, 5 oC, 10 oC, dan 30 oC). Pengukuran nilai absorbansi dilakukan pada jam ke-0 dan jam ke-48. Penyimpanan ekstrak kasar pigmen dari Caulerpa racemosa pada suhu dingin selama 48 jam menyebabkan penurunan kadar klorofil, beta karoten dan caulerpin lebih rendah secara sangat nyata dibandingkan pada suhu ruang. Sedangkan nilai pH ekstrak kasar klorofil dan caulerpin naik secara sangat nyata. Tetapi tidak ada perubahan yang nyata pada nilai kecerahan ekstrak kasar klorofil dan beta karoten. Suhu penyimpanan ekstrak kasar pigmen dari Caulerpa racemosa yang optimum selama 48 jam adalah pada suhu 0°C dimana masih mengandung klorofil (83,6%), beta karoten (93,4%), dan caulerpin (72,9%).

Keywords


Caulerpa racemosa, pigmen, suhu penyimpanan, stabilitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Jurnal Pengolahan dan Bioteknologi Hsil Perikanan by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jpbhp is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats