skip to main content

PENAMBAHAN TEPUNG RUMPUT LAUT Gelidium sp. DALAM MINUMAN BERSERAT


Citation Format:
Abstract

Rumput laut Gelidium sp., merupakan jenis rumput laut yang memiliki kandungan serat pangan yang mampu menambah nilai gizi pada makanan dan dapat dijadikan pangan fungsional dengan pengaruh positifnya terhadap kesehatan tubuh manusia. Pemanfaatan serat pangan dapat diaplikasikan menjadi produk minuman. Minuman berserat merupakan minuman yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam memenuhi kebutuhan serat pangan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari dan mengetahui formulasi minuman berserat dengan penambahan tepung Gelidium sp., konsentrasi terbaik dan penerimaan konsumen terbaik, serta dibandingkan dengan minuman berserat komersil.

Rumput laut Gelidium sp. diambil dari Pantai Kukup, Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta, kemudian dilakukan proses penepungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimental laboratories. Penelitian utama menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dan menggunakan uji t untuk membandingkan antara minuman berserat penerimaan terbaik dengan produk komersial. Hasil formulasi minuman berserat, dilakukan analisis  fisik meliputi rendemen, pengujian hedonik dan daya larut. Sedangkan analisis kimia meliputi kandungan serat pangan, kadar air, kadar abu dan pH.

Hasil uji hedonik minuman berserat rumput laut tingkat kesukaan terbaik yaitu formulasi K1 (konsentrasi 35%) dengan selang kepercayaan 4,90 ≤ µ ≤ 5,01  tingkat penerimaan agak suka dan memiliki daya larut 48,7%. Kandungan total serat makanan yang terkandung sebesar 2,48 ± 0,04, kadar air 9,40 ± 0,16, kadar abu 6,56 ± 0,02 dan pH sebesar 5,45 ± 0,03. Hasil kandungan total serat makanan dari minuman berserat komersil sebesar 2,74 ± 0,002, sehingga dapat disimpulkan bahwa produk minuman berserat rumput laut Gelidium sp. dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan minuman berserat.

Fulltext
Keywords: Gelidium sp., minuman berserat, Dietary fiber

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.