PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MOBILE LEARNING INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DENGAN METODE PERSONAL EXTREME PROGRAMMING

Hidayat Rizal, Satriyo Adhy, Panji Wisnu Wirawan

Abstract


Pembelajaran dengan menggunakan perangkat bergerak tanpa ada batasan waktu dan tempat dinamakan Mobile Learning (M – Learning). M-Learning dapat diimplementasikan pada tipe aplikasi wireless internet, smart client, dan messaging. Kurang interaktif, bersifat statis dan selalu membutuhkan koneksi jaringan internet menjadi permasalahan pengguna ketika menggunakan tipe wireless internet. Smart client dapat diimplementasikan menjadi native application. Native application memiliki kemampuan menyimpan data pada memori device sehingga aktifitas M-Learning dapat berjalan meskipun dalam kondisi tidak terkoneksi internet. Aplikasi client M-Learning Interaktif berbasis android memiliki fitur untuk menampilkan mata kuliah yang diambil, mengakses materi, mengakses penugasan, dan mengakses serta menambah topik forum. Aplikasi ini menjadi solusi alternatif  pembelajaran menggunakan perangkat bergerak yang efisien dan interaktif. M-Learning Interaktif ini dikembangkan dengan metode Personal Extreme Programming. Aplikasi client diimplementasikan menggunakan bahasa Java dan aplikasi server menggunakan database E-Learning moodle berbasis web

Keywords


M-Learning, Mobile Phone, Perkuliahan, Android, Extreme Programming

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
jurnal of informatics and technology by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/joint is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.