SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PENERIMA BEASISWADENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (STUDI KASUS DI SMA N 1 KARANGANYAR KEBUMEN)

Nurul Fitriana Rahmawati, Helmie Arif Wibawa, Nurdin Bahtiar

Abstract


Sebagai lembaga pendidikan formal, SMA N 1 Karanganyar merupakan salah satu sekolah yang  memberikan beasiswa kepada para siswa. Beasiswa ini ditujukan untuk siswa kurang mampu dan siswa yang berprestasi. Untuk membantu penentuan dalam menetapkan seseorang yang layak menerima beasiswa maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan. Oleh karena itu perlu dibangun SistemPendukung Keputusan Pemilihan Penerima Beasiswa berbasis web yang dapat diakses dengan mudah oleh para siswa, penyeleksi, dan kepala sekolah. Sistem ini menggunakan metode Simple Additive Weighting(SAW) yang mempunyai kemampuan untuk memecahkan masalah multikriteria. Sistem ini dikembangkan dengan model Sekuensial Linier dan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Pengelolaan data pada sistem ini menggunakan sistem manajemen basis data MySQL. Dari hasil pengujian, diperoleh kesimpulan bahwa Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penerima Beasiswa ini telah berhasil dikembangkan dan menampilkan perangkingan dari hasil penyeleksian para pendaftar beasiswa.


Keywords


beasiswa, SAW, model sekuensial linier

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
jurnal of informatics and technology by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/joint is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.