SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PERUMAHAN MENGGUNAKAN METODE AHP BERBASIS WEB (STUDI KASUS CV. WISMA ANUNGKRIYA DEMAK)

Hermawan Ardiyanto, Priyo Sidik Sasongko, Satriyo Adhy

Abstract


Perkembangan perumahan saat ini sangat pesat, sehingga konsumen sering merasa ragu saat harus memutuskan langsung memilih rumah mana yang dibeli. Rumah merupakan tempat tinggal bersama keluarga dan ditempati selamanya maupun untuk investasi. Konsumen harus lebih teliti dalam memilih perumahan yang akan dibeli. Marketing CV. Wisma Anungkriya sering merasa sedikit kesulitan menghadapi konsumen yang ragu saat memilih perumahan, sehingga perlu dibuat Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan menerapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode AHP adalah metode yang digunakan untuk menilai tindakan yang dikaitkan dengan perbandingan bobot kepentingan antara faktor serta perbandingan beberapa alternatif pilihan. Metode ini akan memberikan hasil pembobotan dari masing-masing alternatif pilihan sesuai dengan banyak kriteria yang ditetapkan, yaitu harga, lokasi, dan tipe. Alternatif pilihan dengan bobot terbesar, merupakan alternatif pilihan yang menjadi rekomendasi untuk dipilih oleh konsumen

Keywords


Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Metode AHP , Pemilihan Perumahan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
jurnal of informatics and technology by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/joint is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.