Sistem Pakar Berbasis Web dan Mobile Web untuk Mendiagnosis Penyakit Darah pada Manusia dengan menggunakan Metode Inferensi Forward Chaining

Muhammad Silmi, Eko Adi Sarwoko, Kushartantya Kushartantya

Abstract


Sistem pakar (expert system) secara umum adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancang dan diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang dilakukan oleh para ahli. Saat ini sistem pakar tengah banyak dikembangkan dalam berbagai macam bidang, salah satunya dalam bidang kesehatan. Sistem pakar dalam bidang kesehatan banyak dikembangkan untuk mendeteksi berbagai macam penyakit dengan menggunakan berbagai macam metode, salah satunya menggunakan metode inferensi forward chaining. Metode inferensi forward chaining merupakan metode inferensi penelusuran ke depan yang dibuat dengan perancangan yang mudah dan sesuai dengan aturan yang ada. Pada tugas akhir ini, peneliti bertujuan untuk merancang sistem pakar yang dapat mendiagnosis penyakit  darah berbasis web dan mobile web menggunakan metode inferensi forward chaining. Aplikasi yang di buat diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mendiagnosa jenis penyakit darah. Penyakit darah merupakan penyakit yang cukup banyak diderita masyarakat umum dari jenis Anemia hingga jenis penyakit darah lainnya. Pengetahuan masyarakat umum tentang penyakit darah masih minim, masyarakat masih belum dapat mengetahui  ataupun menentukan penyakit darah yang diderita.  Implementasi sistem pakar penyakit darah ini dapat memberikan pengetahuan dan diagnosa awal jenis penyakit darah dan memberikan kemudahan akses bagi penggunanya. Penggunaan media sarana berbasis web dan mobile web membuat akses menuju sistem pakar menjadi mudah dan fleksibel karena dapat diakses kapanpun dan di manapun melalui web browser dari komputer ataupun perangkat mobile internet.

Keywords


Sistem pakar, Penyakit darah, Forward Chaining, Web, Mobile Web, PHP

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
jurnal of informatics and technology by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/joint is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.