SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS TEMPAT DAN FASILITAS UMUM BERBASIS SISTEM OPERASI ANDROID

Latif Albar, Beta Noranita, Ragil Saputra

Abstract


Pembangunan yang pesat terjadi di berbagai tempat, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Tetapi hal tersebut tidak diimbangi dengan ketersediaan pusat informasi, yang menyebabkan masyarakat awam yang tinggal  pada suatu daerah kesulitan dalam mencari tempat. Dibuatnya sistem informasi geografis tempat dan fasilitas umum berbasis Sistem Operasi Android ini menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Kelebihan dari sistem ini adalah setiap pemakai dapat menambahkan tempat, sehingga database tempat menjadi lebih banyak. Sistem ini dikembangkan dengan metode Unified Process dan menggunakan Unified Modelling Language(UML) sebagai tools. Sistem ini diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman java dan juga Software Development Kit(SDK) untuk pengembangan aplikasi yang berjalan pada sistem operasi Android. Pengujian pada sistem ini menggunakan pengujian black box dimana pengujian dilakukan tanpa harus melihat dari struktur internal program. Sistem ini dapat membantu masyarakat awam pada suatu wilayah dalam mencari lokasi tertentu dengan mudah , efektif, dan efisien.


Keywords


Sistem Informasi Geografis, Tempat Umum, Fasilitas Umum, Android, Unified Modelling Language, Unified Process, Software Development Kit

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
jurnal of informatics and technology by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/joint is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.