SISTEM INFERENSI FUZZY METODE MAMDANI UNTUK MENENTUKAN JURUSAN DI SMA NEGERI 1 CILACAP

Arif Lutfiyanto, Kushartantya Kushartantya, Sukmawati Nur Endah

Abstract


Penjurusan siswa SMA diharapkan agar siswa memperoleh pengalaman belajar yang sesuai dengan potensi masing-masing. Proses penjurusan siswa ini dibuat oleh pihak yang berkompeten di sekolah. Untuk membantu proses penjurusan di SMA Negeri 1 Cilacap diperlukan sebuah aplikasi penjurusan menggunakan sistem inferensi fuzzy dengan metode mamdani. Dalam sistem inferensi penjurusan terdapat 5 tahap yaitu fuzzifikasi variabel input, operasi operator fuzzy pada anteseden, operasi fungsi implikasi menggunakan metode AND (MIN), agregasi output menggunakan metode MAX, dan defuzzifikasi menggunakan metode centroid. Variabel input yang digunakan adalah nilai IPA, nilai IPS, nilai Bahasa, minat IPA, minat IPS, minat Bahasa, Psikotes Eksak dan Psikotes Non Eksak sedangkan variabel output adalah IPA, IPS atau Bahasa. Dari pengujian dengan mengambil 100 siswa secara acak dari 313 siswa kelas X tahun ajaran 2011/2012 maka hasil perbandingan antara proses penjurusan menggunakan sistem dengan perhitungan manual yang dilakukan oleh guru BK diperoleh keakuratan sistem sebesar 93%.

Keywords


Penjurusan Siswa, Fuzzy, Metode Mamdani

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
jurnal of informatics and technology by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/joint is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.