IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI KELAYAKAN PERMINTAAN PINJAMAN NASABAH DI LEMBAGA KEUANGAN ( Studi Kasus di Koperasi Simpan Pinjam JASA Kota Pekalongan)

Mukhammad Yunan Helmy, Kushartantya Kushartantya, Nurdin Bahtiar

Abstract


Perkembangan teknologi informasi saat ini memungkinkan penyimpanan data dalam skala yang sangat besar. Perkembangan ini telah merambah ke berbagai bidang, termasuk perbankan, sehingga pemanfaatan teknologi informasi di lembaga keuangan sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat luas. Data mining merupakan kegiatan yang meliputi pengumpulan dan pemakaian data historis untuk menemukan keteraturan, pola, atau hubungan dalam data berukuran besar. Dengan memanfaatkan data nasabah dan data pinjaman, data mining dapat membantu keputusan strategis dalam memprediksi kelayakan pinjaman untuk nasabah di sebuah lembaga keuangan. Algoritma yang digunakan untuk membangun decision tree yaitu algoritma ID3 (Iterative Dichotomizer 3). Algoritma ID3 digunakan untuk mengkategorikan data menjadi beberapa kelas. Dari hasil percobaan denganĀ  20 data baru dihasilkan akurasi sebesar 85%. Hasil yang diperoleh dapat digunakan sebagai bahan masukan bagi instansi terkait dalam uji kelayakan pinjaman dari nasabahnya

Keywords


data mining, prediksi, kelayakan pinjaman, decision tree, algoritma ID3

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
jurnal of informatics and technology by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/joint is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.