SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN HASIL PEMILIHAN UMUM (STUDI KASUS : PEMILIHAN UMUM WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA SEMARANG TAHUN 2010)

Puji Wahyu Estiani, Djalal Er Riyanto, Putut Sri Wasito

Abstract


Sistem Informasi Geografis Pemetaan Hasil Pemilu adalah sistem berbasis web yang dirancang untuk mengolah data hasil Pemilu dan menyajikan informasi yang dikemas secara lebih menarik dalam bentuk peta dijital. Data hasil Pemilu merupakan data yang sangat penting yang dapat digunakan oleh berbagai kalangan seperti Komisi Pemilihan Umum, partai politik, dan kalangan masyarakat. Data tersebut disimpan dalam sebuah basis data sehingga proses penyimpanan dan pemutakhiran data dapat dilakukan dengan cepat dan akurat. Sistem ini dikembangkan menggunakan metode sekuensial linier, dibangun  dengan  bahasa pemrograman  PHP,  penanganan  data  spasial  menggunakan  MapServer,  dan manajemen data menggunakan PostgreSQL yang dilengkapi fitur PostGIS. Sistem ini menghasilkan informasi yang mempermudah pengguna dalam melakukan analisis hasil Pemilu yang membutuhkan aspek kewilayahan, diantaranya analisis tentang tingkat partisipasi pemilih, tingkat pemahaman pemilih, dan persentase jumlah pemilih untuk masing-masing calon.

Keywords


Sistem Informasi Geografis, Pemilu, Sequensial Linier, Mapserver, PostgreSQL

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
jurnal of informatics and technology by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/joint is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.