ilmu komputer ; informatika skip to main content

PENENTUAN JALUR TERPENDEK PADA PELAYANAN AGEN TRAVEL KHUSUS PENGANTARAN WILAYAH SEMARANG BERBASIS SIG DENGAN ALGORITMA BRANCH AND BOUND


Citation Format:
Abstract
Bagi perusahaan jasa transportasi, seperti pada studi kasus agen travel, pemilihan jalur atau rute perjalanan sangat penting untuk diperhatikan. Rute yang lebih pendek pada umumnya akan menghasilkan biaya dan waktu yang lebih singkat. Oleh karena itu diperlukan suatu cara untuk menentukan rute terpendek agar perjalanan menjadi lebih efektif dan efisien. Masalah ini dapat dikategorikan sebagai masalah TSP (Travelling Salesperson Problem). Hal ini dapat diselesaikan dengan membangun Sistem Informasi Geografis Pencarian Jalur Terpendek (SIGPEJAP). Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan metode Unified Process dan metode pencarian jalurnya menggunakan algoritma Branch and Bound. Algoritma ini cukup baik dalam memberikan solusi optimal pada masalah TSP, termasuk pada pemilihan rute perjalanan. Sistem yang dihasilkan dapat membantu agen travel dalam memilih rute terpendek yang sebaiknya dilewati oleh sopir.
Fulltext View|Download
Keywords: Sistem Informasi Geografis, Jalur/Rute, Travelling Salesperson Problem (TSP), Branch and Bound, Unified Process.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.