PENERAPAN WEB SERVICES DAN REGULAR EXPRESSION UNTUK VERIFIKASI ALAMAT BERBASIS HASIL PENELUSURAN SITUS KODEPOS PT POS INDONESIA

Tegar M. Aji, Djalal Er Riyanto, Helmie Arif Wibawa

Abstract


Situs Kodepos PT Pos Indonesia (KPPI) merupakan situs yang menyediakan fasilitas penelusuran data alamat dan kodepos berdasarkan input lokasi dan kota. Data kodepos dan kelengkapan alamat lainnya pada situs KPPI ini diperlukan oleh berbagai pihak. Namun demikian, situs KPPI belum menerapkan antarmuka yang memungkinkan datanya dapat diakses oleh situs lain. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan adanya suatu aplikasi pihak ketiga yang dapat melakukan fungsi penelusuran data ke situs KPPI dan menyediakan antarmuka berupa Web Services (suatu metode pengiriman pesan/data melalui dokumen terstandardisasi).

Perangkat lunak Verifikasi Alamat (VA) dikembangkan dalam rangka menyediakan antarmuka pengaksesan data situs KPPI. VA dikembangkan menggunakan bahasa scripting PHP versi 5.3.5. Cakupan fungsional VA yaitu menerima input dari situs klien, melakukan penelusuran ke situs KPPI, menguraikan halaman penelusurannya dengan Regular Expressions (suatu metode untuk memanipulasi data teks), serta mengembalikan hasil data alamat kepada situs klien tersebut. Dengan adanya VA, maka proses pengaksesan data situs KPPI oleh situs klien dapat berlangsung.

Keywords


verifikasi alamat, web services, regular expressions, situs KPPI

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
jurnal of informatics and technology by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/joint is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.