skip to main content

ANALISIS KELAYAKAN FASILITAS LANDSIDE DI TERMINAL 3 ULTIMATE BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNO – HATTA

*Maulana Arifin  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Bagus Gumilar Iskandar  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Y.I. Wicaksono Y.I. Wicaksono  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Bagus Hario Setiadji  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Soekarno Hatta International Airport (SHIA) merupakan bandar udara terbesar yang ada di Indonesia yang melayani penumpang terbanyak ke – 8 di Asia Tenggara berdasarkan Airports Council International (ACI) periode 2015,  serta menduduki ranking ke – 44 di dunia sebagai bandara terbaik di dunia berdasarkan hasil survey dari lembaga Skytrax periode 2016 – 2017. Pergerakan penumpang dan pesawat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta setiap tahunnya mengalami peningkatan baik itu di terminal domestik maupun terminal internasional sehingga kepadatan penumpang pada terminal 3 Ultimate pun tidak terelakkan terutama pada fasilitas landsidenya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi fasilitas landside di Terminal 3 Ultimate berdasarkan permintaan (demand) penumpang peak hour, data produksi parkir dan data jumlah kendaraan di tahun 2016 menggunakan metode perhitungan SNI 03-7046-2004, IATA Airport Development Reference Manual (ADRM), FIFO (first in first out), MKJI 1997 dan PP No.43 1993. Dari hasil analisa didapatkan jumlah check in counter berdasarkan waktu pelayanan survey maksimum adalah 98 counter menurut SNI, 89 counter menurut FIFO, dan 46 counter menurut ADRM, ruang tunggu keberangkatan masih memadai syarat kapasitas dengan Level Of Service (LOS) masing – masing ruang tunggu (U11 – U17) A yaitu Excellent Level of Comfort, luas ruang baggage claim dan tujuh buah baggage claim device pada kondisi eksisting masih bisa melayani 2,116 penumpang datang per jam tahun 2016 dengan baik, kondisi eksisting dari aksesbilitas adalah Level Of Service (LOS) F dengan DS>1 dengan kemacetan pada titik persimpangan sementara kapasitas luas parkir masih memadai untuk melayani penumpang peak hour tahun 2016. Selain penambahan jumlah check in counter, kepadatan pada terminal penumpang dapat diatasi dengan pemisahan check in counter penumpang yang sudah check in online dengan penumpang yang belum, di samping itu perlu adanya penambahan lajur pada akses beserta penambahan papan penunjuk jalan yang jelas di sepanjang jalan sebelum titik penting (decision point) pada aksesbilitas terminal sesegera mungkin.

Fulltext View|Download
Keywords: Baggage Claim, Bandar Udara Internasional Soekarno – Hatta, Check In Counter, Ruang Tunggu Keberangkatan, Terminal Penumpang; Aksesbilitas; Parkir Bandar Udara

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.