BibTex Citation Data :
@article{JKM41100, author = {Yuni Asnita Adetia Safitri and Marian Tonis and Wiwik Suryandartiwi}, title = {HUBUNGAN PENANGANAN KELUHAN (COMPLAIN HANDLING) DENGAN LOYALITAS PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD PETALA BUMI PROVINSI RIAU}, journal = {Jurnal Kesehatan Masyarakat}, volume = {11}, number = {5}, year = {2023}, keywords = {Penanganan Keluhan; Loyalitas Pasien}, abstract = {Penanganan keluahan merupakan identifikasi masalah yang menyebabkan pasien atau pelanggan tidak puas dan mengeluh sehingga menindaklanjuti dan diupayakan agar pasien atau pelanggan merasa ada perbaikan dari masalah atas ketidaksesuaian harapan dari pelayanan yang diberikan rumah sakit. Akibatnya banyaknya rumah sakit ikut menurun dan berpengaruh dengan loyalitas pasien. Loyalitas pasien memiliki peranan penting dalam suatu rumah sakit atau perusahaan untuk meningkatkan performa finansial, dan sustainability dari rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan penanganan keluhan (complain handling) dengan loyalitas pasien diinstalasi rawat inap RSUD Petala Bumi. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode probability sampling . Sampel dalam penelitian ini pasien rawat inap RSUD Petala Bumi Provinsi Riau sebanyak 86 responden. Penelitian ini dilaksanakan dengan Teknik pengumpulan data studi pustaka dan penyebaran kuesioner. Analisis pada penelitian ini univariat, bivariat, normalitas, dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel visibility adanya hubungan dengan loyalitas pasien (p-value= 0,000 < 0,05), bahwa variabel accesbility adanya hubungan dengan loyalitas pasien (p-value= 0,030 < 0,05), bahwa variabel responsive adanya hubungan dengan loyalitas pasien (p-value= 0,000 < 0,05) dan bahwa variabel fairness and objektif adanya hubungan dengan loyalitas pasien (p-value= 0,000< 0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pasien rawat inap di RSUD Petala Bumi Provinsi Riau merasa puas terhadap penanganan keluhan yang diberikan. Dapat diartikan pelayanan yang diberikan memenuhi dan keinginan pasien sehingga terciptanya loyalitas pasien di RSUD Petala Bumi.}, issn = {2356-3346}, pages = {552--557} doi = {10.14710/jkm.v11i5.41100}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/41100} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update:
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Kesehatan Masyarakat (JKM, p-ISSN: 2715-5617, e-ISSN:2356-3346) and Faculty of Public Health, Diponegoro University as the publisher of the journal. Copyright encompasses the rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
JKM journal and Faculty of Public Health, Diponegoro University, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the JKM journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form JKM journal]The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail or scanned document to jkm@live.undip.ac.id.
Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-ISSN: 2356-3346, p-ISSN: 2715-5617) is published by Faculty of Public Health, Universitas Diponegoro, Indonesia, under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats