skip to main content

Faktor yang Berhubungan dengan Pencegahan COVID-19 oleh Pengelola Kedai Kopi di Sekitar Universitas Diponegoro

*Lathifah Ulwiyah  -  Bagian Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Indonesia
Zahroh Shaluhiyah  -  Bagian Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Indonesia
Aditya Kusumawati  -  Bagian Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Indonesia
Received: 14 Jun 2023; Revised: 10 Jan 2024; Accepted: 25 Jan 2024; Published: 30 Jan 2024.

Citation Format:
Abstract

Kedai kopi adalah tempat yang berisiko tinggi untuk penyebaran virus corona. Kedisiplinan masyarakat yang semakin rendah dalam penggunaan masker, menjaga kebersihan tangan, dan menjauhi keramaian serta tingginya kasus di Kota Semarang perlu menjadi perhatian. Untuk meminimalisir penularan COVID-19 di kedai kopi, diperlukan peran pengelola untuk memaksimalkan kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan pencegahan COVID-19 oleh pengelola kedai kopi di sekitar Universitas Diponegoro. Upaya yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan peran pengelola adalah dengan lebih banyak mengedukasi tentang COVID-19 dan terus memperbaharui informasi tentang COVID-19. Penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif observasional, menggunakan desain cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 53 kedai kopi dengan menggunakan teknik total sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square dan α = 0,05. Studi ini menyatakan bahwa perilaku pencegahan COVID-19 telah dilaksanakan dengan baik (52,8%). Empat variabel menunjukkan korelasi yang signifikan dengan pencegahan COVID-19 oleh pengelola kedai kopi di sekitar Universitas Diponegoro, yaitu usia dengan p-value = 0,000, pengetahuan dengan p-value = 0,000, sikap dengan p-value = 0,000, dan dukungan pengunjung dengan p-value nilai = 0,000. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan peran pengelola adalah dengan lebih banyak mengedukasi tentang COVID-19 dan terus memperbaharui informasi tentang COVID-19. Empat variabel menunjukkan korelasi yang signifikan dengan pencegahan COVID-19 oleh pengelola kedai kopi di sekitar Universitas Diponegoro, yaitu usia dengan p-value = 0,000, pengetahuan dengan p-value = 0,000, sikap dengan p-value = 0,000, dan dukungan pengunjung dengan p-value nilai = 0,000. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan peran pengelola adalah dengan lebih banyak mengedukasi tentang COVID-19 dan terus memperbaharui informasi tentang COVID-19. Empat variabel menunjukkan korelasi yang signifikan dengan pencegahan COVID-19 oleh pengelola kedai kopi di sekitar Universitas Diponegoro, yaitu usia dengan p-value = 0,000, pengetahuan dengan p-value = 0,000, sikap dengan p-value = 0,000, dan dukungan pengunjung dengan p-value nilai = 0,000. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan peran pengelola adalah dengan lebih banyak mengedukasi tentang COVID-19 dan terus memperbaharui informasi tentang COVID-19.

Fulltext View|Download
Keywords: COVID-19 Pandemict; Preventive Behavior; Coffee shops

Article Metrics:

  1. World Health Organization. WHO Director-General’s opening remarks at the media briefing on COVID-19 - 11 March 2020, https://www.who.int/director-general/speeches/detail/who-director-general-s-opening-remarks-at-the-media-briefing-on-covid-19---11-march-2020 (2020, accessed 12 August 2021)
  2. Susilo A, Rumende CM, Pitoyo CW, et al. Coronavirus Disease 2019 : Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019 : Review of Current Literatures. J Penyakit Dalam Indones 2020; 7: 45–67
  3. CDC. Variants of the Virus [Internet]. [cited 2023 March 16]. Availabel from https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/variants/index.html
  4. WHO. Questions and Answers on COVID-19 for Public [Internet]. [cited 2021 May 30].Available from https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa/qa-for-public
  5. Peta Sebaran | Satgas Penanganan COVID-19 [Internet]. [cited 2022 Feb 28]. Available from: https://covid19.go.id/peta-sebaran
  6. Level PPKM 1-4, Bagaimana Cara Penilaiannya? - Masyarakat Umum | Covid19.go.id, https://covid19.go.id/p/masyarakat-umum/level-ppkm-1-4-bagaimana-cara-penilaiannya (accessed 1 December 2021)
  7. CDC. Considerations for Restaurants and Bars | COVID-19 | CDC. Centre for Disease Control and Prevention, https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/community/organizations/business-employers/bars-restaurants.html (2020, accessed 12 August 2021)
  8. Solikatun S, Kartono DT, Demartoto A. Perilaku Konsumsi Kopi Sebagai Budaya Masyarakat Konsumsi (Studi Fenomenologi Pada Peminum Kopi Di Kedai Kopi Kota Semarang). J Anal Sosiol 2015; 4: 60–74
  9. SATGAS Covid-19. Monitoring Kepatuhan Protokol Kesehatan Tingkat Nasional Update per 27 Februari 2022; ;(Februari):1-158
  10. SATGAS Covid-19. Analisis Data COVID-19 Indonesia Update per 27 Februari 2022;(Februari):1-186
  11. Adhistyo W T, Nugraheni KS. Studi Kepuasan Konsumen Pada Peacock Coffee Gajah Mada Semarang. J Ris Inspirasi Manaj dan Kewirausahaan 2020; 4: 38–48
  12. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2008
  13. S K, I F. Observasi Psikologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015
  14. Green L, Marshal W. Health Promotion Planning an Educational and Enviromental Approach. USA: Myfield, 2003
  15. Annashr, N.N., Yunianto, A.E., Laksmini, P., Abdurrahmat, A., Muharry, A., Aisyah, I.S., Afina, A., Rosdiana, D.S., Lusiana, S.A., Kushargina, R. and Diningrum, T., 2022. COVID-19: Factors Related to the Implementation of Preventive Practice in the New Normal Era of Indonesia. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 10(E), pp.487-492
  16. Reuben RC, Danladi MMA, Dauda, Saleh A, Ejembi PE. Knowledge, Attitudes and Practices Towards COVID-19: An Epidemiological Survey in North-Central Nigeria.Journal of community health 46.3 (2021): 457-470
  17. Suprayitno, E., Rahmawati, S., Ragayasa, A. and Pratama, M.Y., 2020. Pengetahuan dan sikap masyarakat dalam pencegahan COVID-19. Journal Of Health Science (Jurnal Ilmu Kesehatan), 5(2), pp.68-73
  18. Dharmawan, V. and Rachmaniyah, N., 2020. Kajian Perilaku Sehat Pelanggan Restoran di saat Pandemi Studi Kasus: Restoran Cepat Saji di Surabaya. Jurnal Desain Interior, 5(2), pp.53-62

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.