EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM POS PEMBINAAN TERPADU PENYAKIT TIDAK MENULAR (POSBINDU PTM) PUSKESMAS SUKOLILO I KABUPATEN PATI

*Wulan DA Suhbah  -  , Indonesia
Chriswardani Suryawati  -  , Indonesia
Wulan Kusumastuti  -  , Indonesia
Received: 26 Sep 2019; Published: 16 Oct 2019.
View
EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM POS PEMBINAAN TERPADU PENYAKIT TIDAK MENULAR (POSBINDU PTM) PUSKESMAS SUKOLILO I KABUPATEN PATI
Subject
Type Research Instrument
  Download (206KB)    Indexing metadata
Open Access
Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang : Penyebab utama kematian di seluruh dunia saat ini adalah PTM. Upaya kesehatan untuk menanggulangi PTM sesuai Renstra Kemenkes 2015-2019 adalah Posbindu PTM. Dari 29 Puskesmas di Kabupaten Pati, Puskesmas Sukolilo I memiliki capaian distribusi Posbindu PTM sebesar 100%. Namun capaian SPM-BK yang terendah dan belum mencapai target 100% masih pada pelayanan kesehatan yang menjadi sasaran Posbindu PTM yaitu hipertensi sebesar 0,60%; DM sebesar 48% dan usia produktif sebesar 45,38%. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program Posbindu PTM Puskesmas Sukolilo I Kabupaten Pati.

Metode : Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik melalui metode in depth interview dan teknik purposive sampling. Variabel yang diteliti adalah sumber daya manusia, dana, sarana dan prasarana, SOP/Peraturan, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan serta cakupan kegiatan dan proporsi faktor risiko PTM.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDM sudah mencukupi, namun Petugas Puskesmas dan sebagian besar Kader belum mengikuti pelatihan. SK Posbindu PTM belum ditetapkan, keterbatasan dana maupun sarana dan prasarana. Sudah ada Panduan Posbindu PTM namun belum menjangkau kesemua Kader. Belum ada perencanaan menyeluruh dan tertulis, sudah ada pembagian tugas dan tanggung jawab namun belum ada pertemuan rutin untuk koordinasi, pelaksanaan program belum maksimal, pengawasan belum sesuai serta belum ada penetapan target program.

Simpulan dan Saran : Terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan program Posbindu PTM Puskesmas Sukolilo I. Penelitian ini menyarankan Puskesmas memberikan pelatihan tersertifikasi kesemua pelaku kegiatan, menetapkan SK Posbindu PTM agar dapat menjalin kemitraan dalam mendukung pendanaan maupun sarana dan prasarana, memberikan dan menjelaskan Panduan Posbindu PTM, membuat perencanaan yang sesuai, meningkatkan koordinasi, memberikan pelayanan kesehatan secara lengkap, memperbaiki pengawasan dan menetapkan target program.

Kata Kunci    : Evaluasi, Posbindu PTM, Puskesmas Sukolilo I

Note: This article has supplementary file(s).

Keywords: Evaluation, Posbindu PTM, Sukolilo I Primary Health Care

Article Metrics: