slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
BUKU BRAILE SEBAGAI JEMBATAN KETERBATASAN AKSES INFORMASI SISWA TUNANETRA SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN A DRIA ADI SEMARANG | Nahlisa | Jurnal Ilmu Perpustakaan Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

BUKU BRAILE SEBAGAI JEMBATAN KETERBATASAN AKSES INFORMASI SISWA TUNANETRA SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN A DRIA ADI SEMARANG

*Rizka Meutia Nahlisa  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro., Indonesia
Rukiyahi Rukiyah  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro., Indonesia
Lydia Christiani  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro., Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini berfokus mengenai akses informasi tunanetra, terutama buku Braile yang terdapat di Sekolah Luar Biasa Bagian A Dria Adi Semarang. Masalah yang dikaji dalam penelitian yaitu terkait dengan peranan buku Braile dalam menjembatani keterbatasan akses informasi bagi siswa tunanetra serta peranannya dalam mengatasi kesenjangan informasi antara siswa tunanetra dengan siswa awas penglihatan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi buku Braile sebagai sarana akses informasi bagi siswa tunanetra Sekolah Luar Biasa bagian A Dria Adi Semarang dan juga mengetahui bagaimana fungsi buku Braile dalam mengatasi kesenjangan informasi bagi siswa tunanetra. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah siswa tunanetra dan staff  SLB/A Dria Adi Semarang yang telah dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara (terstruktur), observasi dan dokumentasi.Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini, diketahui bahwa siswa tunanetra di SLB/A Dria Adi Semarang sangat bergantung dan membutuhkan buku Braile sebagai akses informasi mereka untuk membaca, menulis dan belajar.Bagi sebagian siswa tunanetra, buku Braile ternyata tidak hanya digunakan sebatas lingkup kegiatan belajar mengajar.Namun untuk menyalurkan hobi, seperti membaca buku cerita dan dapat melatih mereka untuk lebih mandiri.

Fulltext View|Download
Keywords: tunanetra, buku braile, akses informasi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.