Jurnal Ilmu Perpustakaan
BibTex Citation Data :
@article{JIP9513, author = {Ahmad Mujab and Ary Setyadi and Rukiyah Rukiyah}, title = {Persepsi Pemustaka Terhadap Sikap Pustakawan dalam Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata}, journal = {Jurnal Ilmu Perpustakaan}, volume = {4}, number = {2}, year = {2015}, keywords = {Persepsi Pemustaka, Sikap Pustakawan, Layanan Referensi.}, abstract = { Sikap layanan yang baik merupakan persyaratan utama yang harus dimiliki oleh petugas perpustakaan terutama petugas pada bagian layanan referensi, sebab sikap professional pustakawan layanan referensi merupakan suatu indikator yang dapat membangun citra positif maupun negatif perpustakaan. Layanan referensi di perpustakaan Universitas Katolik Sorgijapranata ramai dimanfaatkan pemustaka, tetapi hanya ada satu pustakawan di bagian layanan referensi. Oleh karena itu peneliti memilih judul penelitian “Persepsi Pemustaka Terhadap Sikap Pustakawan dalam Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap pustakawan yang bertugas pada layanan referensi di Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata dilihat dari sudut pandang pemustaka. Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif dan bentuk studi kasus. Dalam pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling berjumlah enam informan dilihat berdasarkan frekuensi kunjungan dalam satu minggu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Milez and Huberman. Hasil penelitian bahwa persepsi pemustaka terhadap sikap pustakawan dalam layanan referensi di Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata sudah cukup baik, hal ini ditunjukkan oleh sikap pustakawan penuh perhatian, penuh pertolongan, tenggang rasa, sopan, dan peduli terhadap pemustaka. }, issn = {97980000000}, pages = {113--119} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/9513} }
Refworks Citation Data :
Sikap layanan yang baik merupakan persyaratan utama yang harus dimiliki oleh petugas perpustakaan terutama petugas pada bagian layanan referensi, sebab sikap professional pustakawan layanan referensi merupakan suatu indikator yang dapat membangun citra positif maupun negatif perpustakaan. Layanan referensi di perpustakaan Universitas Katolik Sorgijapranata ramai dimanfaatkan pemustaka, tetapi hanya ada satu pustakawan di bagian layanan referensi. Oleh karena itu peneliti memilih judul penelitian “Persepsi Pemustaka Terhadap Sikap Pustakawan dalam Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap pustakawan yang bertugas pada layanan referensi di Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata dilihat dari sudut pandang pemustaka. Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif dan bentuk studi kasus. Dalam pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling berjumlah enam informan dilihat berdasarkan frekuensi kunjungan dalam satu minggu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Milez and Huberman. Hasil penelitian bahwa persepsi pemustaka terhadap sikap pustakawan dalam layanan referensi di Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata sudah cukup baik, hal ini ditunjukkan oleh sikap pustakawan penuh perhatian, penuh pertolongan, tenggang rasa, sopan, dan peduli terhadap pemustaka.
Last update: