Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PERANAN PERPUSTAKAAN RADITYA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 1 LASEM

*Devi Oktaviana  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro., Indonesia
Ana Irhandayaningsih  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan Perpustakaan Raditya dalam pengembangan pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 1 Lasem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah delapan orang informan. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis model Miles and Huberman. Selanjutnya data direduksi (reduction data), disajikan (display data) dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan dengan mempunyai peranan dalam pengembangan pendidikan karakter siswa SMA Negeri 1 Lasem. Dengan koleksi Perpustakaan Raditya dapat menjadi penggugah aspirasi dan inspirasi untuk melakukan hal-hal positif sesuai dengan apa yang dibacanya, dan akhirnya dapat mempengaruhi pikiran dan kemudian mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Layanan Perpustakaan Raditya mendidik siswa untuk mengikuti proses, alur kegiatan dan kebiasaan di perpustakaan, dengan pembiasaan itu siswa akhirnya terbiasa untuk jujur, tanggungjawab, dan melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Adanya tata tertib perpustakaan juga dapat membentuk dan membiasakan siswa untuk mematuhi aturan yang ada sehingga dapat membiasakan dan membentuk disiplin dan tanggung jawab siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Perpustakaan Raditya berperan dalam pengembangan pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 1 Lasem.

Fulltext View|Download
Keywords: Pendidikan Karakter, Perpustakaan, Perpustakaan Raditya, SMA Negeri 1 Lasem.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.