Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK PERPUSTAKAAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PETUGAS PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN PACITAN

*Nur Farida  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
P. Anggardjitono Pras  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertempat di Perpustakaan Umum Kabupaten Pacitan. Adapun tujuan yang ingin penulis capai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh lingkungan kerja fisik perpustakaan terhadap produktivitas kerja petugas perpustakaan.
Dalam penelitian ini, mengambil informan yang terdiri dari petugas perpustakaaan Kabupaten Pacitan sebanyak 7 (tujuh) orang untuk dijadikan informan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivikasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam (in-depth interview), observasi partisipatif, dan studi dokumen.
Hasil wawancara dan analisis data yang telah dilakukan dalam penelitian ini, diperoleh simpulan bahwa dari kelima faktor yang berkaitan dengan lingkungan kerja fisik yaitu penerangan, suara, kebersihan, udara, dan ruang kerja, hanya satu faktor yaitu kebersihan tidak ada pengaruhnya terhadap produktivitas kerja. Pada umumnya penerangan, suara, udara, dan ruang kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Keempat faktor tersebut belum memberikan kenyamanan petugas dalam bekerja sehingga produktivitas kerja kurang maksimal.
Fulltext View|Download
Keywords: lingkungan kerja fisik; produktivitas kerja; petugas perpustakaan
Article Info
Section: Articles
Language : EN

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.