Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PENGARUH PEMBERIAN INSENTIF TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH

*Haminati Sharikha Dinahaji  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Aan Permana  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertolak dari permasalahan di lapangan yaitu pemberian insentif pada pustakawan yang bertujuan mendorong kinerja pustakawan, namun fakta yang ada insentif menjadi sesuatu yang berwujud namun dirasakan semu oleh pustakawan karena dianggap hanya sebagai hak mutlak, bukan sebagai kompensasi atas pekerjaan. Hal ini menjadi kontradiktif antara tujuan awal dengan yang terjadi di lapangan. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian insentif terhadap kinerja pustakawan di perpustakaan.
Subjek dalam penelitian ini adalah insentif yang meliputi insentif material dan nonmaterial, sekaligus berperan sebagai variabel bebas, sedangkan objeknya adalah pustakawan di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah, sebagai variabel terikat.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang menggunakan seluruh populasi sebagai sampel. Responden merupakan seluruh pustakawan yang memiliki jabatan fungsional yaitu sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner disertai observasi berupa wawancara sekilas dengan responden.
Analisis data menggunakan uji korelasi dengan rumus Spearman-Brown dilanjutkan dengan regresi linear sederhana.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengaruh pemberian insentif terhadap kinerja pustakawan tidak begitu signifikan, hanya sebesar 26,7%. Berdasarkan observasi, hal ini karena pemberian insentif dianggap sudah merupakan hak, serta ada faktor-faktor lain yang mungkin juga berpengaruh pada kinerja pustakawan. Namun pada beberapa responden menyatakan bahwa pemberian insentif merupakan salah satu motivasi terbesar selain faktor-faktor lainnya.
Fulltext View|Download
Keywords: insentif; motivasi kerja; kinerja
Article Info
Section: Articles
Language : EN

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.