Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

ALUR KOMUNIKASI ORGANISASI DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA SEMARANG

*Hernanda Argha Sasmita  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Endang Fatmawati  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai “Alur Komunikasi Organisasi di UPT Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang” tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah alur komunikasi di UPT Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang berjalan dengan efektif atau tidak yang meliputi: Komunikasi ke Bawah (downward communication), Komunikasi ke Atas (upward communication), Komunikasi Horizontal, Komunikasi Lintas Saluran, Komunikasi Informal (desas-desus).
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan yang digunakan sebanyak 6 (enam) orang meliputi: Kepala perpustakaan, Kepala Bidang Pelayanan Pemustaka, Kepala Bidang Pengembangan, Kepala Bidang Pelayanan Teknis, dan 2 staff yang bekerja di UPT Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam (In-depth Interview), teknik Observasi Partisipatif (Participant Observation), Teknik Studi Dokumen (Document Study). Teknik pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengklasifikasi atau mengkategorikan data berdasarkan beberapa tema sesuai fokus penelitiannya. Teknik analisi data dalam penelitian ini menggunakan Codingdan Memoing.
Simpulan dari hasil penelitian ini alur komunikasi horizontal yang begitu efektif dilakukan.Sementara itu komunikasi informal juga cukup efektif karena lebih sering digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah bersifat segera. Untuk komunikasi ke atas dan komunikasi ke bawah sudah efektif karena sudah didukung dengan alat-alat bantu teknologi seperti telepon dan e-mail. Sementara itu komunikasi lintas saluran juga sebenarnya sudah berjalan lancar tetapi kurang efektif, karena tidak sesuai dengan kebijakan secara formal di UPT Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata
Fulltext View|Download
Keywords: komunikasi dalam organisasi; alur komunikasi dalam organisasi; alur komunikasi di perpustakaan
Article Info
Section: Articles
Language : EN

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.