Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

KAJIAN KINERJA SDM KEARSIPAN BADAN ARSIP DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH DALAM PENGOLAHAN ARSIP STATIS TAHUN 2012

*Marini Septryani Sonday  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Tri Maryanto  -  , Indonesia
Dwihendrosono Dwihendrosono  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini berjudul “Kajian Kinerja SDM Kearsipan Badan Arsip Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Dalam Pengolahan Arsip Statis Tahun 2012”.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja SDM kearsipan Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah melalui: kompetensi individu, dukungan organisasi, dan dukungan manajeman, kendala yang dihadapi SDM kearsipan dan upaya dalam mengatasi kendala.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif pendekatan ilmu sosial dengan istilah etnometodologi. Penentuan informan sebagai sumber informasi. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumen, dan studi literatur. Metode analisis data: teknik triangulasi dan analisis model interaktif: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil didapat, kinerja SDM kearsipan Badan Arsip Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah dalam pengolahan arsip statis melalui 3 indikator: 1) kompetensi individu; 2) dukungan organisasi; 3) dukungan manajeman, serta 9 subindikator: 1) kemampuan dan keterampilan teknik; 2) kemampuan dan keterampilan pembuatan jalan masuk; 3) motivasi dan etos kerja; 4) pengorganisasian; 5) prasarana dan sarana; 6) kondisi kerja; 7) persyaratan kerja; 8) sistem kerja dan; 9) hubungan kerja. Adapun kendala yang dihadapi: 1) anggaran sarana kurang cukup; 2) kurangnya upaya peningkatan kompetensi SDM kearsipan. Upaya dalam mengatasi kendala: 1) berupaya memberikan anggaran sarana yang cukup; 2) berupaya memberikan peningkatan kompetensi SDM melalui pendidikan dan pelatihan dari instansi pembina kearsipan.
Fulltext View|Download
Keywords: Kinerja SDM kearsipan, Pengolahan Arsip Statis; Badan Arsip Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah
Article Info
Section: Articles
Language : EN

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.