Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP MINAT BACA SISWA-SISWA BERPRESTASI SMK SAKTI GEMOLONG KABUPATEN SRAGEN

*Suci Wendi Astini  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ellen CH Nugroho  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai “Hubungan Pola Asuh Orangtua terhadap Minat Baca Siswa-Siswa Berprestasi Kelas XI SMK Sakti Gemolong Kabupaten Sragen”. Pola asuh orang tua adalah alat yang digunakan oleh orang tua untuk menanamkan minat baca pada siswa-siswa ini dalam keluarga. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan kondisi minat baca siswa-siswa berprestasi kelas XI SMK Sakti Gemolong dan bagaimana hubungan pola asuh orang tua dalam terbentuknya minat baca.
Penelitian ini akan menjawab tiga pertanyaan yaitu pertama bagaimana deskripsi hubungan pola asuh orang tua terhadap pengembangan minat baca siswa kelas XI SMK Sakti Gemolong. Kedua bagaimana deskripsi hubungan minat baca terhadap prestasi belajar siswa. Ketiga faktor lain apakah selain pola asuh orang tua yang mempengaruhi minat baca dan prestasi belajar siswa di sekolah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data dari hasil wawancara terhadap empat orang siswa berserta orangtuanya dan dua orang informan tambahan sebagai pelengkap data. Pemilihan sampel menggunakan metode snow balling.
Simpulan penelitian ini adalah prestasi belajar ditentukan oleh minat baca siswa, sementara minat baca dibangun oleh pola asuh orangtua kepada anak ketika di rumah. Minat baca anak akan terpupuk apabila orangtua tidak memberikan teladan dengan cara aktif membaca dan meluangkan waktu khusus untuk membaca setiap harinya di rumah. Berawal dari kebiasaan anak akan dengan sendirinya membaca. Anak yang demikian akan memiliki prestasi belajar baik di sekolah.
Fulltext View|Download
Keywords: Pola Asuh Orangtua; Minat Baca dan Prestasi Belajar
Article Info
Section: Articles
Language : EN

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.