Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN OLEH SISWA SMA N 1 SUKOREJO KABUPATEN KENDAL

*Umi Farida  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Tri Wahyu Hari Murtiningsih  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai “Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Pemanfaatan Koleksi di Perpustakaan SMA N 1 Sukorejo”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap pemanfaatan koleksi perpustakaan oleh siswa SMA N 1 Sukorejo.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Sukorejo sebanyak 224 orang. Sampel dari penelitian ini berjumlah 56 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengukuran variabel dilakukan dengan skala likert.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik pengolahan data dengan cara editing, coding dan tabulasi. Adapun teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dengan menggunakan distribusi frekuensi dan analisis statistik dengan menggunakan program SPSS.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima karena nilai thitung (3,002) lebih besar dari ttabel (1,67356). Koefisien determinasi adalah sebesar 0,154. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar dapat mempengaruhi pemanfaatan koleksi sebesar 14,3%, sedangkan 85,7% ditentukan oleh faktor lain yaitu motivasi terhadap layanan internet (free hotspot), adanya dorongan dari guru yang mengharuskan setiap siswa untuk memanfaatkan perpustakaan sesuai dengan materi pelajaran yang diberikan.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara motivasi belajar dengan pemanfaatan koleksi di perpustakaan SMA N 1 Sukrejo.
Fulltext View|Download
Keywords: motivasi belajar; pemanfaatan koleksi; Perpustakan SMA N 1 Sukorejo
Article Info
Section: Articles
Language : EN

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.