Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PENGARUH KEBUTUHAN INFORMASI PEMUSTAKA TERHADAP SELEKSI BAHAN PUSTAKA PADA KANTOR PERPUSTAKAAN UMUM DAN ARSIP KOTA SEMARANG

*Velicia Wili Putri  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Tri Wahyu Hari Murtiningsih  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai “Pengaruh Kebutuhan Informasi Pemustaka Terhadap Seleksi Bahan Pustaka pada Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Semarang”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kebutuhan informasi pemustaka terhadap seleksi bahan pustaka pada Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Semarang.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi adalah 768 orang, sementara sampel dalam penelitian ini berjumlah 77 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified sampling. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan anaisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan alat bantu pengolahan program SPSS. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima karena nilai thitung (3,857) lebih besar dari ttabel (1,66543) dan koefisien determinasi adalah sebesar 0,154. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara kebutuhan informasi pemustaka terhadap seleksi bahan pustaka.
Fulltext View|Download
Keywords: informasi; kebutuhan informasi pemustaka; seleksi bahan pustaka
Article Info
Section: Articles
Language : EN

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.