Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PERILAKU PENCARIAN INFORMASI OLEH SISWA SMA NEGERI 2 MAGELANG

*suryanto suryanto  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Sri Ati  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
SURYANTO. Perilaku Pencarian Informasi Oleh Siswa SMA Negeri 2 Magelang. Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, 2012.
Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pencarian informasi siswa SMA Negeri 2 Magelang.
Desain penelitian yang dilakukan adalah deskriptif analitis dengan jenis studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dan wawancara. Sampel penelitian diambil secara acak berdasarkan teori purposive sampling yaitu informan yang memberikan informasi dipilih secara acak oleh penulis sesuai dengan aspek dan situasi tertentu dan saat ini terus-menerus sepanjang penelitian. Informan yang penulis pilih secara acak terdiri dari 14 Siswa SMA Negeri 2 Magelang yang dipilih dari masing-masing kelas yaitu 1 orang siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua siswa SMA Negeri 2 Magelang pernah melakukan pencarian informasi yang dilatarbelakangi oleh tugas, memahami materi pelajaran, menambah wawasan dan rasa ingin tahu. Sebagian karena permintaan dari teman dan untuk melengkapi data penelitian. Proses pencarian informasi dibedakan dalam 6 tingkatan menurut teori Kuhltau yang secara keseluruhan siswa SMA Negeri 2 Magelang lebih memilih melakukan pencarian informasi menggunakan media internet. Disamping itu, juga menggunakan media lain seperti memilih membaca buku dari perpustakaan dan toko buku, bertanya kepada orang yang lebih tahu, melihat televisi, atau mendengarkan radio. Semua siswa SMA Negeri 2 Magelang sering merasa puas dengan informasi yang mereka dapatkan. Walaupun kadang mereka merasa tidak puas apabila informasi yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Fulltext View|Download
Keywords: Siswa; Perilaku Pencarian Informasi
Article Info
Section: Articles
Language : EN

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.