Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN SIRKULASI DI KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN KLATEN

*Lisa Arifatul Chorida  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Sri Ati  -  Dosen Pembimbing, Jurusan Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Skripsi ini berjudul “Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Sirkulasi di Kantor Arsip dan Perpustakaan
Kabupaten Klaten”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kepuasan pemustaka terhadap
layanan sirkulasi di Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten, sehingga dari hasil penelitian
diharapkan dapat membantu meningkatkan mutu pelayanan dan untuk jangka panjang dapat
mempertahankan pemustaka. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan jenis studi
kasus. Informan dipilih secara purposive sampling, yaitu 8 informan yang berstatus mahasiswa baik
anggota maupun bukan anggota. Pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman, yaitu reduksi data,
display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan,
pemustaka cukup puas dengan layanan sirkulasi di Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten,
dikarenakan koleksi dapat menunjang kebutuhan informasi pemustaka. Fasilitas yang tersedia dapat
membuat pemustaka merasa nyaman dalam memanfaatkan layanan. Petugas perpustakaan yang bersikap
ramah, murah senyum, merespon dengan baik apa yang dibutuhkan oleh pemustaka, serta sistem layanan
yang mudah dan tidak berbelit-belit
Fulltext View|Download
Keywords: Kepuasan; Pemustaka; Layanan Sirkulasi; Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten
Article Info
Section: Articles
Language : EN

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.