Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PENGARUH PROMOSI PERPUSTAKAAN MELALUI KEGIATAN GEMAR MEMBACA TERHADAP PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DI SMA NEGERI 3 SEMARANG

*Rizki Apriliani  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Indonesia
Yuli Rohmiyati  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan

Citation Format:
Abstract
Skripsi ini berjudul: Pengaruh Promosi Perpustakaan Melalui “Kegiatan Gemar Membaca” terhadap Pemanfaatan Perpustakaan di SMA Negeri 3 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi perpustakaan melalui kegiatan Gemar Membaca terhadap pemanfaatan perpustakaan.Penelitian dilakukan terhadap siswa SMA Negeri 3 Semarang dengan memberikan kuesioner tertutup dan melakukan wawancara terstruktur kepada para responden.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis kuantitatif menggunakan distribusi frekuensi dan uji statistik, yaitu uji validitas, uji t dan uji f. Variabel dalam penelitian ini adalah promosi perpustakaan (X) dan pemanfaatan perpustakaan (Y)
Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa SMA Negeri 3 Semarang kelas X. Sampel penelitian sebesar 15% dari populasi atau sebanyak 65 orang dan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling
Hasil penelitian menunjukkan pengaruh dari promosi perpustakaan melalui kegiatan Gemar Membaca terhadap pemanfaatan perpustakaan sebesar 0,760 dengan taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel sebesar 0,244. Jadi rhitung>rtabel. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara promosi perpustakaan melalui kegiatan Gemar Membaca terhadap perpustakaan sebesar 76%.
Secara keseluruhan disimpulkan bahwa promosi perpustakaan melalui kegiatan Gemar Membaca mempunyai pengaruh positif terhadap siswa. Oleh sebab itu keberadaan promosi perpustakaan melalui kegiatan Gemar Membaca dibutuhkan untuk memperkenalkan perpustakaan, sehingga perpustakaan dapat dimanfaatkan secara maksimal.
Fulltext View|Download
Keywords: Promosi Perpustakaan, Perpustakaan Sekolah, Library Promotion, School Library
Article Info
Section: Articles
Language : EN

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.