Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Perilaku Pencarian Informasi Taruna pada Program Wajib Baca Siang Guna Memenuhi Kebutuhan Informasi di Perpustakaan Akademi Kepolisian Semarang

*Ruth Verelia Dewayanti  -  1,2Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro,, Indonesia
Athanasia Octaviani Puspita Dewi  -  1,2Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro,, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai “Perilaku Pencarian Informasi pada Program Wajib Baca Siang untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi Taruna di Perpustakaan Akademi Kepolisian Semarang”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku pencarian informasi taruna saat melaksanakan program wajib baca siang guna memenuhi kebutuhan informasi di Perpustakaan Perpustakaan Akademi Kepolisian. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan kerangka teoritis yang memadukan model perilaku pencarian informasi Ellis dan Wilson. Adapun informan dalam penelitian ini sebanyak lima orang yakni Taruna Akademi Kepolisian Semarang dan semua-nya berasal dari Tingkat IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tematik analisis untuk mengidentifikasi pola perilaku informan. Hasil penelitian menunjukkan tiga pola utama dalam perilaku pencarian informasi taruna, yaitu pencarian melalui pustakawan, pencarian mandiri melalui rak buku, dan pemanfaatan OPAC (Online Public Access Catalog). Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan koleksi perpustakaan, kurangnya literasi informasi, serta hambatan teknis seperti akses internet yang tidak stabil. Integrasi model Ellis dan Wilson menunjukkan bahwa perilaku pencarian informasi tidak hanya mencakup aspek teknis, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor kontekstual dan sistemik, termasuk peran pustakawan dan fasilitas perpustakaan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menekankan pentingnya penguatan literasi informasi, peningkatan koleksi perpustakaan, serta optimalisasi layanan berbasis teknologi untuk mendukung kebutuhan akademik taruna.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext |  Research Results
PERILAKU PENCARIAN INFORMASI TARUNA PADA PROGRAM WAJIB BACA SIANG GUNA MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI DI PERPUSTAKAAN AKADEMI KEPOLISIAN SEMARANG
Subject jurnal ilmu perpustakaan; perilaku pencarian informasi; kebutuhan informasi; program wajib baca
Type Research Results
  Download (35KB)    Indexing metadata
Keywords: jurnal ilmu perpustakaan; perilaku pencarian informasi; kebutuhan informasi; program wajib baca
  1. Basuki, S. (2014). Manajemen perpustakaan khusus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  2. Batley, S. (2007). Information architecture for information professionals. Chandos Publishing
  3. Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications
  4. Ellis, D. (1989). A behavioural model for information retrieval system design. Journal of Information Science, 15(4), 237–247
  5. Gordon, B. D. (1981). Information systems design for user satisfaction and usage: Case studies and theoretical foundations. Journal of Documentation, 37(3), 167–193
  6. Jannah, R. (2022). Enhancing information literacy among police academy cadets: A case study. International Journal of Library and Information Science, 9(2), 45–58
  7. Krikelas, J. (1983). Information-seeking behavior: Patterns and concepts. Drexel Library Quarterly, 19(2), 5–20
  8. Kvale, S. (1996). Interviews: An introduction to qualitative research interviewing. Sage Publications
  9. Murray, P. (2013). Special library collections and their management. Journal of Special Libraries, 48(1), 32–49
  10. Murray, P. (2013). Special library collections and their management. Oxford: Chandos Publishing
  11. Patton, M. Q. (2002). Qualitative research and evaluation methods (3rd ed.). Sage Publications
  12. Rakhmawati, S. (2014). Peran program wajib baca dalam meningkatkan literasi informasi taruna. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(4), 275–283
  13. Rubin, R. E. (2004). Foundations of library and information science (2nd ed.). New York: Neal-Schuman Publishers
  14. Sugiarti, T. (2012). Pentingnya membaca dalam pendidikan formal dan informal. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 10(1), 45–53
  15. Wilson, T. D. (1981). On user studies and information needs. Journal of Documentation, 37(1), 3–15
  16. Wilson, T. D. (1999). Models in information behaviour research. Journal of Documentation, 55(3), 249–270

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.