Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Strategi Promosi Perpustakaan Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Video Berdurasi Pendek

*Siti Mudawwamatul Husna  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Karya ilmiah yang berjudul “Strategi Promosi Perpustakaan Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Video Berdurasi Pendek” yang dilatarbelakangi oleh permasalahan tentang pengenalan perpustakaan berisi layanan, fasilitas, sarana, dan prasana kepada pengguna pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Pandemi Covid-19 menuntut pengguna untuk selalu berada dirumah, berkegiatan di rumah, serta komunikasi dengan yang lain melalui media sosial. Dengan adanya himbauan pemerintah yang harus menjaga jarak dan berkeaktivitas di rumah, perpustakaan tidak dibuka yang mengakibatkan kekosongan selama pandemi. Sehingga pustakawan mengakali hal tersebut dengan menyusun strategi yang efektif selama pandemi. Pada artikel ini akan membahas bagaimana startegi promosi perpustakaan yang efektif dan efisien dalam masa pandemi Covid-19.
Fulltext View|Download
Keywords: Strategi promosi; perpustakaan; komunikasi
  1. Adhiarya, K., Styadi, A., & Suwarno, W. (2013). Kajian Sikap Pustakawan dalam Meningkatkan Kualitas Layanan di Perpustakaan Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(1)
  2. Christian, R. P., & Mananeke, L. (2016). Pengaruh Strategi Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna BPJS di RSUD SAM Ratulangi Tondano. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(2), 121–132
  3. Fitri, D., & Ardoni. (2019). Pembuatan video promosi perpustakaan di perpustakaan universitas islam negeri imam bonjol padang. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 165–171
  4. Furbani, W. (2018). Peran Komunikasi Pustakawan dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Informasi di UPT.Perpustakaan Universitas Mataram. Jurnal Ulul Albab, 22(2), 112–119
  5. Lakoy, A. C. (2015). Pengaruh Komunikasi, Kerjasama Kelompok, dan Kreativitas terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Aryaduta Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 981–991
  6. Maulida, J., & Nurislaminingsih, R. (2016). Strategi Komunikasi sebagai Sarana Promosi dalam Penyebarluasan Informasi tentang Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Salatiga. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 5(4)
  7. Rodin, R. (2018). Strategi Pustakawan Membangun Kreativitas di Era Digital (Studi di Perpustakaan STAIN Curup). Al-Maktabah, 17(1), 2–12
  8. Setiawan, B., & Arfa, M. (2017). Efektifitas Promosi Perpustakaan dalam Bentuk Brosur terhadap Minat Kunjung Pemustaka : Studi Kasus di Kantor Arip dan Perpustakaan Kabupaten Pati Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1)
  9. Wiyani, N. A. (2017). Perencanaan Program Kegiatan Paud Responsif Gender. Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 12(2), 329–350
  10. Yulianto, A. R. (2010). Hubungan antara Fasilitas Perpustkaan Universitas, Kepuasan dan Minat Baca Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. Cakrawala, 4(8)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.