slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Promosi Perpustakaan Menggunakan Media Sosial Instagram Oleh Perpustakaan Muhammadiyah Purwokerto | Anggraeni | Jurnal Ilmu Perpustakaan Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Promosi Perpustakaan Menggunakan Media Sosial Instagram Oleh Perpustakaan Muhammadiyah Purwokerto

*Giwa Safira Putri Nur Anggraeni  -  Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro,, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Artikel ini berisikan tentang bagaimana kegiatan promosi yang dilakukan oleh perpustakaan
lewat media sosial instagram. Interaksi yang dibangun antara pihak perpustakaan dengan
pemustaka yang dapat dilakukan secara online atau virtual dengan memanfaatkan sistem
teknologi dan informasi yang sudah ada. Dalam artikel ini secara khusus penulis melakukan
observasi pada salah satu akun instagram yang digunakan sebagai media promosi
perpustakaan. Salah satu perpustakaan perguruan tinggi yang memanfaatkan instagram sebagai
media promosi yaitu Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Artikel ini juga
melihat bagaimana bentuk interaksi yang dilakukan oleh perpustakaan, bagaimana
perpustakaan memanfaatkan fasilitas atau fitur yang terdapat di instagram tersebut. Metode
pengambilan data melalui observasi melalui akun instagram. Hasil dari observasi tersebut
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto telah memanfaatkan media sosial
instagram secara maksimal sebagai sarana promosi perpustakaan. Fitur yang dimanfaatkan
dalam instagram tersebut berupa mengunggah foto, mengunggah video, melakukan live
instagram, menggunakan instagram story, jajak pendapat, tanya jawab yang secara efektif
untuk mempromosikan perpustakaan

Fulltext View|Download
Keywords: Promosi perpustakaan; perpustakaan perguruan tinggi; instagram
  1. Administrator Perpustakaan. (n.d.). Profil Perpustakaan Muhammadiyah Purwokerto. https://perpustakaan.ump.ac.id/index.php/homepage/profile
  2. Al Huda, W., Kegiat, A. S., Unt, P., Jasa, M., Di Perpust, I., & Wulandari, S. (n.d.). Tujuan Promosi Perpustakaan Perpust akaan Digit al Mempengaruhi Persediaan Sumberdaya Informasi Pada Lit erasi Mahasi.... 0-9
  3. Darmanto. (2011). Strategi Pemasaran Perpustakaan Perguruan Tinggi: Studi Kasus Perpustakaan Universitas, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  4. Dita Garnita, I. I. (2014). Tinjauan Sistematis Tentang Penggunaan Media Sosial Untuk Promosi Perpustakaan Akademik. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents
  5. Faisal, I. A., & Rohmiyati, Y. (2017). Analisis Pemanfaatan Media Instagram Sebagai. Repository Fakultas Ilmu Budaya Univ. Diponegoro, 6(4), 10
  6. Mustofa, M. (2017). PROMOSI PERPUSTAKAAN MELALUI MEDIA SOSIAL : Best Practice. Publication Library and Information Science, 1(2), 21. https://doi.org/10.24269/pls.v1i2.691
  7. Prabowo, A., & Absor, U. (2019). Mediatisasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Yogyakarta Pada Instagram Dalam Promosi Kepada Masyarakat. Journal of Information and Library Studies, 2(2), 171-188 [Online] terdapat di: http://ojs.uninus.ac.id/index.php/JILS/article/view/722/474 [diakses pada 03 Agustus 2021]
  8. Puspitasari, D. (2021). Strategi Promosi UPT Perpustakaan UMM pada Masa Pandemi Covid-19. Daluang: Journal of Library and Information Science, 1(1), 10. https://doi.org/10.21580/daluang.v1i1.2021.7973 Puspitasari, D. (2021). Strategi Promosi UPT Perpustakaan UMM pada Masa Pandemi Covid-19. Daluang: Journal of Library and Information Science, 1(1), 10.
  9. Rahmat Iqbal, I. Y. (2020). Media Promosi Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Era Milenial Dan Revolusi Industri 4.0. 01(021), 16-26
  10. Riski, maydi aula. (2021). Strategi promosi perpustakaan khusus: studi pada Perpustakaan Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Al Kuttab : Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 3, 23-31
  11. Rizaty, M. A. (2021). Inilah Negara Pengguna Instagram Terbanyak, Indonesia Urutan Berapa? https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/03/inilah-negara-pengguna-instagram-terbanyak-indonesia-urutan-berapa
  12. Saputro, T. Y. A. (2019). Pemanfaatan instagram oleh Perpustakaan Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46037
  13. Sembiring, T. B. (2019). Strategi Promosi Melalui Media
  14. Sudiar, N., Mafar, F., & Rosman, R. (2017). Model Promosi Perpustakaan Perguruan Tinggi di Pekanbaru. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 3(1), 19. https://doi.org/10.14710/lenpust.v3i1.16068
  15. Suharso, P., & Pramesti, A. N. (2020). Promosi Perpustakaan Melalui Instagram: Studi di Perpustakaan Universitas Airlangga. Publication Library and Information Science, 3(2), 66. https://doi.org/10.24269/pls.v3i2.2074
  16. Yenianti, I. (2019). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Di Perpustakaan IAIN Salatiga. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 3(2), 223-237. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v3i2.223-237

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.