Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Promosi Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara Melalui Sosial Media Instagram Pada Masa Pandemi Covid-19

*Rio Dika Maulana  -  Program studi Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Pandemi Covid-19 membuat perpustakaan perguruan tinggi harus bisa mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, agar bisa membantu civitas akademiknya mencapai Tri Dharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat). Perpustakaan perguruan tinggi dalam membantu civitas akademika membutuhkan media sosial yang dapat digunakan sebagai salah satu cara mempromosikan layanan yang dimilikinya kepada pemustaka. Tujuan penelitian ini adalah menentukan apakah perpustakaan UMN telah menggunakan fitur Instagram dengan baik dan mengupload konten yang dapat membantu pemustaka mencari informasi pada saat masa pandemic Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka dan observasi. Data dikumpulkan dengan mengakses berbagai literatur dan mengakses media sosial Instagram perpustakaan UMN @umnlibrary selama 48 hari. Hasil dari penelitian ini menghasilkan bahwa perpustakaan UMN telah menggunakan fitur Instagram dengan sepenuhnya dan telah membuat konten yang baik yang dapat membantu pemustaka mendapatkan informasi pada masa pandemi Covid-19.
Fulltext View|Download
Keywords: Perpustakaaan Perguruan Tinggi; Instagram; Covid -19
  1. Bakhtiyar. (2020). Use Of Social Media Instagram As A Media Promotion Of Library Information Service In Marketing Management Perspective. 01(6), 14
  2. Hadiwinata, K., Mundzir, H., & Muslim, S. (2020). Analisis Peran Media Sosial
  3. Instagram Sebagai Media Pemasaran dan Branding Bisnis di Era Pandemi Covid-19. Senabisma, 6(2), 62-68
  4. Mafar, F. (2020). Pemanfaatan Instagram Oleh Perpustakaan Ptkin Di Jawa Timur. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(2), 167. https://doi.org/10.14421/fhrs.2020.152.167-180
  5. Ramadhani, K. P., Amrozi, Y., & Adi, I. (2020). Inovasi Sistem Robotika Pada
  6. Perpustakaan. JEECOM : Journal of Electrical Engineering and Computer, 2(2), 13-16. https://doi.org/10.33650/jeecom.v2i2.1185
  7. Sari, S. N. K. (2019). Manajemen koleksi grey literature pada pusat perpustakaan uin syarif hidayatullah jakarta. Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Tujuan
  8. Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. CV. Alfabeta
  9. Suharso, P., & Muntiah, A. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Instagram pada Perpustakaan Perguruan Tinggi. Edulib, 10(1), 1-14. http://ejournal.upi .edu/index.php/edulib/index
  10. Suharso, P., & Pramesti, A. N. (2019). Promosi Perpustakaan Melalui Instagram: Studi di Perpustakaan Universitas Airlangga. Publication Library and Information Science, 3(2), 66. https://doi.org/10.24269/pls.v3i2.2074
  11. Ulya. (2017). Menuju Perpustakaan Perguruan Tinggi Yang Bermutu. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 4(2), 449. https://doi.org/10.21043/libraria.v4i2.1772
  12. Viona, I. D. (2014). Strategi Promosi Perpustakaan Universitas Medan Area Melalui Media Sosial. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.