slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 SEMARANG | Prananto | Jurnal Ilmu Perpustakaan Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 SEMARANG

*Heru Prananto  -  Jurusan S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, Indonesia
Aan Permana  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan terhadap peningkatan kinerja guru untuk dianalisis, sehingga dapat diketahui terjadi peningkatan atau tidak kinerja guru dengan memanfaatkan perpustakaan.Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Peneliti mengambil 10 informan guru dan 2 informan petugas perpustakaan. Dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data kemudian diolah dan dianalisis.Penelitian ini di kelompokan dalam beberapa aspek, yaitu : (1) waktu/lama berkunjung ke perpustakaan, (2) tujuan ke perpustakaan, (3) layanan petugas perpustakaan, (4) fasilitas penelusuran yang digunakan, (5) manfaat pemanfaatan perpustakaan, (6) jenis buku yang dibaca/dipinjam, (7) jika koleksi/buku yang dicari tidak ditemukan, (8) pendapat guru tentang pemanfaatan perpustakaan terhadap kinerja guru, (9) cara meningkatkan kinerja dalam pembelajaran oleh guru.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru mengalami peningkatan dengan memanfaatkan perpustakaan melalui metode yang digunakan masing-masing guru. Sebagian dari guru memanfaatkan perpustakaan dengan membaca buku di perpustakaan dan sebagian guru yang lain memanfaatkan ruang perpustakaan sebagai tempat mengajar untuk variasi pembelajaran. Dengan metode tersebut guru menjadi lebih terbantu dalam mempersiapkan bahan mengajar siswa, karena banyak sumber informasi yang ada di perpustakaan.
Fulltext View|Download
Keywords: Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah; Kinerja Guru; SMA Negeri 1 Semarang

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.