Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

UPAYA PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PENGGUNA DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO

*Rice Agustina Adi Mayadevi  -  Jurusan S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, Indonesia
Heriyanto Heriyanto  -  , Indonesia
Anggarjitono P  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertempat di Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. Adapun tujuan yang ingin peneliti capai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya dan hambatan pustakawan dalam meningkatkan kualitas layanan pengguna serta untuk mengetahui pandangan pemustaka terhadap upaya tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan jalur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian ini berjumlah tiga belas orang yang terdiri dari tiga orang pustakawan dan sepuluh orang pemustaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi pustaka.
Berdasarkan analisis data terhadap hasil wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti, diperoleh simpulan bahwa pustakawan sudah melakukan upaya-upaya yang bisa pustakawan lakukan untuk meningkatkan kualitas layanan pengguna yang ada di Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Undip yakni melakukan penataan ruangan sebaik mungkin dan senyaman mungkin, memperbaiki sistem penitipan tas untuk mengurangi terjadinya kehilangan barang, mengolah dan menata koleksi bahan pustaka sebaik mungkin agar dapat ditelusur kembali dengan mudah oleh pemustaka, memberikan layanan secara terkomputerisasi atau terautomasi sehingga proses pelayanan lebih cepat, melakukan optimalisasi jam layanan dengan tidak adanya jam tutup perpustakaan pada saat jam makan siang atau jam istirahat, dan berusaha untuk bersikap ramah kepada pemustaka. Akan tetapi ada beberapa hambatan-hambatan seperti kesulitan mendapatkan dana untuk melakukan pengadaan bahan pustaka buku. Selain itu menurut pemustaka upaya yang dilakukan oleh pustakawan dalam meningkatkan kualitas layanan pengguna sudah cukup baik, walaupun ada beberapa kekurangan misalnya tidak puasnya pemustaka terhadap koleksi bahan pustaka yang dimiliki oleh perpustakaan.
Fulltext View|Download
Keywords: Upaya pustakawan; Kualitas layanan pengguna; Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Undip

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.