Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Proses Berbagi Pengetahuan Fotografi Pada Komunitas Kelas Pagi Yogyakarta

*Bayu Winasis  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Rukiyah Rukiyah  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses berbagi pengetahuan fotografi anggota komunitas Kelas Pagi
Yogyakarta dalam berinovasi saat kegiatan sharing. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan
jenis penelitian studi kasus. Informan penelitian diperoleh dengan metode purposive sampling. Pengambilan data
menggunakan metode observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses berbagi
pengetahuan anggota komunitas Kelas Pagi Yogyakarta sebagai Community of Practice sebatas sharing dengan
teman-teman komunitas dan berkumpul bersama, namun belum optimal karena selama kegiatan sharing hanya
berjalan satu arah dari pemateri kepada siswa dan jarang ada timbal balik dari siswa untuk membagikan tacit
knowledge mereka. Hal tersebut dikarenakan kurangnya spirit sharing, kesibukan seluruh anggota komunitas yang
berbeda-beda, latar belakang siswa. Selain itu keterbatasan fasilitas untuk praktik juga menjadi kendala dalam
menciptakan inovasi baru di komunitas tersebut.
Fulltext View|Download
Keywords: berbagi pengetahuan; community of practice; Kelas Pagi Yogyakarta
  1. Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian
  2. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Audifax. 2008. Re-Search: Sebuah Pengantar untuk
  4. “Mencari-Ulang” Metode Penelitian dalam
  5. Psikologi. Yogyakarta: Jalasutra
  6. Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian
  7. Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
  8. Moleong, Lexy J. 1999. Metodologi Penelitian
  9. Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  10. Paul Lumbantobing. 2011. Manajemen Knowledge
  11. Sharing Berbasis Komunitas. Bandung:
  12. Knowledge Management Society Indonesia
  13. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif
  14. Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
  15. Sukardi. 2006. Penelitian Kualitatif-Naturalistik
  16. dalam Pendidikan. Yogyakarta: Usaha
  17. Keluarga
  18. Yin, Robert K. 2013. Studi Kasus: Desain & Metode
  19. Jakarta: Rajawali Pers

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.