slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Efektivitas Produk Kemas Ulang Informasi Materi Pendidikan Pemakai Melalui Media Video Bagi Pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta | Aziz | Jurnal Ilmu Perpustakaan Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Efektivitas Produk Kemas Ulang Informasi Materi Pendidikan Pemakai Melalui Media Video Bagi Pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta

*ABD Aziz  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Lydia Christiani  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini membahas tentang efektivitas produk kemas ulang informasi materi pendidikan pemakai melalui media
video bagi pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui sejauh mana tingkat efektivitas produk kemas ulang informasi materi pendidikan pemakai melalui media
video yang dimanfaatkan oleh pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Metode
penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan populasi sebanyak 1.000 dan ditarik
sampel menjadi 213 responden yang diperoleh dengan menggunakan metode Accidental Sampling. Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media video di
UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret merupakan produk kemas ulang informasi secara efektif dapat
digunakan sebagai media pendidikan pemakai bagi pengguna di UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret
Surakarta dengan persentase sebesar 81,78%. Uji hipotesis dilakukan dengan menganalisis hasil koefisien korelasi
Pearson Product-Moment antara variabel media video dengan variabel efektivitas produk kemas ulang informasi.
Hasilnya didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan tingkat hubungan positif yang sangat kuat sebesar 0,843.
Kriteria penolakan H0 adalah jika nilai signifikan á < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak karena diperoleh nilai
signifikansi yang lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu
produk kemas ulang informasi materi pendidikan pemakai melalui media video efektif digunakan bagi pemustaka di
UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Fulltext View|Download
Keywords: produk kemas ulang informasi; pendidikan pemakai; media informasi
  1. Bungkaes, H. R. (2013). Journal “ ACTA DIURNA ”
  2. Edisi April 2013, (April), 1–23
  3. Daryanto, T. (2005). Sistem Multimedia dan
  4. Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu
  5. Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam
  6. Pembelajaran. Edisi, 1(4), 104–117
  7. Hubeis, A. V. S. (2007). Pengaruh Desain Pesan Video
  8. Instruksional terhadap Peningkatan
  9. Pengetahuan Petani tentang Pupuk Agrodyke
  10. Jurnal Agro Ekonomi, 25(1), 1
  11. https://doi.org/10.21082/jae.v25n1.2007.1-10
  12. Iwhiwhu, E. B. (2008). Information Repackaging and
  13. Library Services : A Challenge to Information
  14. Professionals in Nigeria Enemute Basil Iwhiwhu
  15. Delta State University. Library Philosophy and
  16. Practice, 2008(April), 1–6
  17. Rizka, F., Hermintoyo, H., & Suharso, P. (n.d.). Analisis Penyiangan Bahan Pustaka Tercetak terhadap Kualitas Koleksi di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan. Retrieved from https://www.academia.edu/34815341/ANALISIS_PENYIANGAN_BAHAN_PUSTAKA_TERCETAK_TERHADAP_KUALITAS_KOLEKSI_DI_PERPUSTAKAAN_DAERAH_PROVINSI_JAWA_TENGAH
  18. Satoto, K. I., Rochim, A. F., Christyono, Y., Handayani, T., Taufiq, A., & Suharso, P. (2011). Studi Perbaikan Pengelolaan Perpustakaan dan Sistim Pengelolaan Arsip & Dokumen di PT Badak NGL. Jurnal Sistem Komputer, 1(1), 21–30
  19. Tupan, T., & Nashihuddin, W. (2017). Kemas Ulang
  20. Informasi Untuk Pemenuhan Kebutuhan
  21. Informasi Usaha Kecil Menengah: Tinjauan
  22. Analisis Di Pdii-Lipi. Baca: Jurnal
  23. Dokumentasi Dan Informasi, 36(2), 109
  24. https://doi.org/10.14203/j.baca.v36i2.206
  25. Vaughan, T. (2006). Multimedia: Making it work
  26. Yogyakarta: ANDI
  27. Yuswanti. (2014). Pengunaan Media Gambar Untuk
  28. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada
  29. Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD PT . Lestari
  30. Tani Teladan ( LTT ) Kabupaten Donggala
  31. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(4), 185–199
  32. Zainurrahman. (2011). Menulis: dari teori hingga
  33. praktik (penawar racun plagiarisme). Bandung:
  34. Alfabeta

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.