Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Pengaruh Pemberian Tugas Resume Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa di Perpustakaan SMP Muhammadiyah 9 Semarang

*Ari Lutfi Khakim  -  Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Ika Krismayani  -  Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pemberian tugas resume pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia terhadap peningkatan minat baca siswa di Perpustakaan SMP Muhammadiyah 9
Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Jenis data penelitian
terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Subyek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 9 Semarang terkait dengan minat bacanya
di perpustakaan, Guru Bahasa Indonesia dan petugas perpustakaan di SMP Muhammadiyah 9 Semarang.
Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga
aktivitas yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pemberian tugas resume pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan minat baca siswa di
perpustakaan SMP Muhammadiyah 9 Semarang melalui peningkatan frekuensi dan kuantitas membaca
dari 1 -2 kali dalam sebulan menjadi sering membaca antara 2-3 kali dalam seminggu; dan peningkatan
kuantitas sumber bacaan yang tidak hanya membaca buku paket namun siswa mulai membaca berbagai
sumber internet, koran, majalah dan sumber bacaan lain untuk menunjang pembuatan tugas resume
tersebutyang mudah dipahami.
Fulltext View|Download
Keywords: peningkatan; tugas resume; bahasa indonesia; minat baca; perpustakaan
Funding: Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
  1. Asdam, Basmi. 2015. “Minat Baca Dan Promosi
  2. Perpustakaan Sebagai Sarana Mendekatkan
  3. Masyarakat Pada Perpustakaan”. Jupiter. Vol
  4. XIV No.1 (2): hal.32-37
  5. Bafadal, Ibrahim. 2006. Pengelolaan Perpustakaan
  6. Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
  7. Dahlan M. 2008. “Motivasi Minat Baca”. Jurnal
  8. Iqro.’ Vol 2 No 1. Ha.21-32
  9. Dalman, H. 2013. Ketrampilan Membaca. Jakarta :
  10. PT. Raja Grafindo Persada
  11. Darmono. 2007. Perpustakaan Sekolah: Pendekatan
  12. Suatu Aspek Manajemen dan Tata Kerja
  13. Jakarta : Gramedia Widiasmara Indonesia
  14. Darmono. 2007. “Pengembangan Perpustakaan
  15. Sekolah Sebagai Sumber Belajar”. Jurnal
  16. Perpustakaan Sekolah, Thn 1 No 1. Hal.1-10
  17. Ishak. 2009. Urgensi Perpustakaan Untuk
  18. Menunjang Sukses Belajar-Mengajar di
  19. Lingkungan Sekolah. Medan: USU Press
  20. Khairunnisa, Rizky. 2015. “Minat Membaca Buku
  21. Ditinjau Dari Fasilitas Perpustakaan Dan
  22. Frekuensi Tugas Yang Diberikan Pada Siswa
  23. Kelas Xi Jurusan Ilmu Sosial Sma Al-Islam 1
  24. Surakarta Tahun 2014/2015”. Naskah
  25. Publikasi. Universitas Muhammadiyah
  26. Surakarta
  27. Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian
  28. Kualitatif. Bandung: Penerbit PT Remaja
  29. Rokaesih, Lilis. 2013. “Upaya Meningkatkan Minat
  30. Membaca Anak Usia Dini Melalui Kartu
  31. Kata”. Jurnal Jurusan PLS-Konst PAUD,
  32. STKIP Siliwangi
  33. Sanjaya, Kadek Yudhita. 2016. “Peran Perpustakaan
  34. Dalam Meningkatkan Minat Baca Di
  35. Perpustakaan SMP PGRI 1 Denpasar”. Jurnal
  36. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  37. Universitas Udayana
  38. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif
  39. Kualitatif & RND. Bandung: Alfabet
  40. Sulistyo-Basuki. 1991. Pengantar Ilmu
  41. Perpustakaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
  42. Utama
  43. -------. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama
  44. Widya Sastra
  45. Sunaiyah, Salma. 2015. “Memacu Minat Membaca
  46. Bebas (Perpustakaan)Melalui Tugas
  47. Menulis”.Jurnal Universum. Vol. 9 No. 1,
  48. hal.117-129
  49. Suryaman, Maman. 2009. Panduan Pendidik Dalam
  50. Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTS
  51. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen
  52. Pendidikan Nasional

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.